Guru Berkarya

Penerapan Problem Based Learning dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika

Teknis konsep literasi yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar yaitu: secara harian, mingguan, bulanan dan persemester.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Asri Rejeki, S.Pd 

Penerapan Problem Based Learning dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika

Oleh : Asri Rejeki, S.Pd

Matematika merupakan sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan lain, oleh karenanya matematika saling berkaitan dengan ilmu pengetahuan lain.

Matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang selalu ada pada setiap jenjang pendidikan khususnya di Indonesia.

Matematika termasuk kedalam salah satu mata pelajaran yang dalam proses pembelajarannya tidak hanya dengan hafalan rumus saja, namun membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi.

Dalam pembelajaran matematika kelas VII semester ganjil tahun ini diantaranya di jumpai materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada bagian memecahkan masalah soal cerita siswa kami khususnya di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekaongan banyak mengalami kesulitan.

Hubungan yang ada dalam soal cerita berkaitan erat dengan kehidupan sehari- hari yang tidak bisa lepas dari masalah – masalah yang membutukan pemecahan untuk mendapatkan jawabannya.

Meskipun soal cerita sudah sering dijumpai oleh siswa namun pada kenyataannya masih banyak dijumpai kesulitan dalam memecahkan masalah soal cerita matematika.

Problem based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran  yang mengutamakan penyelesaian masalah umum yang lazim terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dikemukakan oleh Shoimin (2017:129) bahwa problem based learning artinya menciptakan suasana belajar yang mengarah terhadap permasalahan sehari-hari.

Kelebihan atau manfaat model pembelajaran PBL menurut Kurniasih dan Sani (2016: 48) adalah dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar untuk mentransfer pengetahuan yang baru serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan ketrampilan kreatif.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah tidak semua materi pembelajaran dapat menerapkan PBL, guru harus tetap berperan aktif dalam menyajikan materi dan yang kedua keragaman siswa yang tinggi dalam suatu kelas akan menyulitkan dalam pembagian tugas berdasarkan masalah nyata.

Langkah dalam penyelesaian soal cerita adalah dengan membaca soal cerita dengan cermat agar dapat memaknai tiap kalimat soal cerita, memisahkan dan mengungkapkan apa yang diketahui , apa yang ditanyakan dan pengerjaan hitung apa yang diperlukan dalam soal , membuat model matematika dari soal dan menyelesaikan model tersebut sesuai aturan.

Salah satu penyebab siswa kurang memahami soal cerita adalah rendahnya minat membaca dari siswa dan dibutuhkannya kesabaran dalam menyelesaikan soal cerita.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memgoptimalkan Gerakan Literasi , Sekolah sebaiknya memberikan alokasi waktu yang cukup banyak untuk pembelajaran literasi.

Gerakan Literasi Sekolah tidak hanya sekedar membaca dan menulis namun lebih dari itu, karena mencakup ketrampilan berfikir sesuai dengan tahapan dan komponen literasi, sedangkan dalam praktik yang baik perlu menekankan prinsip-prinsip Gerakan literasi sekolah.

Agar sekolah mampu menjadi garis depan dalam budaya literasi, maka perlu menggunakan beberapa strategi pelaksanaan. Teknis konsep literasi yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar yaitu: secara harian, mingguan, bulanan dan persemester. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai secara baik.

Melalui adanya kebiasaan membaca siswa yang telah terbentuk dan terpola, dapat diarahkan menuju tahap pengembangan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran matematika.

Dengan kemampuan literasi yang cukup, siswa dapat mengatasi kesulitannya dalam membaca dan menginterpretasikan persoalan matematika dalam soal cerita, sehingga siswa dapat memahami model matematika dalam soal cerita tersebut. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved