Berita Kriminal

Aksi Pencuri di Rest Area Tol Ungaran Terekam CCTV, Dalam Semenit Ponsel, Tas dan Perhiasan Digasak

Pencurian di mobil itu dilakukan sekitar pukul 04.30 saat mobil sasarannya kosong, atau ditinggal pemiliknya untuk beristirahat

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: muslimah
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Seorang pria pencuri barang dalam mobil di Rest Area Tol KM429 Ungaran ditangkap polisi dan ditunjukkan saat konferensi pers di Mapolres Semarang. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV) 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Jajaran Polres Semarang menangkap seorang pria pencuri barang berharga di dalam mobil yang terparkir di Rest Area KM429, Tol Semarang-Solo, tepatnya wilayah Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Pencuri berinisial E (38), warga Kota Cilegon, Provinsi Banten itu tidak melakukan kejahatannya sendirian, melainkan bersama tiga orang yang menjadi komplotannya pada Rabu (9/11/2022) lalu.

Sementara itu, tiga orang lainnya juga telah ditangkap jajaran Polres Boyolali. Keempat pencuri itu ditangkap pada Selasa (22/11) lalu di lokasi berbeda.

Baca juga: Sopir Ambulans di Ambarawa Dibunuh di Rumahnya, Pelaku Diduga Seorang Wanita, Ini Kata Polisi

Baca juga: Suami Tak Pulang Mencari Tiap Hari, Yanti Guru TK Korban Longsor Ditemukan Tewas Memeluk Anaknya,

Dari tayangan CCTV di rest area tersebut, E bersama kawanannya semula datang menggunakan sebuah mobil Sigra, dan berhenti di dekat mobil sasarannya, yaitu Soluna.

Pencurian di mobil itu dilakukan sekitar pukul 04.30 saat mobil sasarannya kosong, atau ditinggal pemiliknya untuk beristirahat.

Tak sampai 1 menit, para pencuri langsung menggasak barang-barang di mobil seperti ponsel, tiga tas berisi uang total senilai Rp 14 juta, perhiasan emas berupa cincin, gelang, dan kalung, serta surat-surat berharga.

Sejumlah kendaraan tampak terparkir di Rest area Ungaran.
Ilustrasi. Foto: Sejumlah kendaraan tampak terparkir di Rest area Ungaran. (Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika mengatakan, kawanan pencuri itu sebelumnya kerap beraksi dan menyasar kawasan rest area di seluruh Tol Trans Jawa, mulai dari Merak, Cilegon, Banten, hingga Kartasura.

“Jadi pelaku berkeliling ke sejumlah rest area dan menyasar mobil-mobil yang kosong ditinggal pemiliknya beristirahat,” katanya, Jumat (25/11).

Menurut dia, kawanan pencuri di dalam kawasan rest area itu merupakan para residivis yang sebelumnya juga merupakan kawanan copet di atas kapal penumpang, di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Karena ruang gerak kawanan copet itu kian sempit, serta sulit mendapatkan sasaran, Yovan menyatakan, mereka beralih mencuri barang-barang para pengunjung rest area jalan tol.

E bersama teman-temannya menyasar rest area lantaran banyak mobil yang kosong.

“Sasarannya pengunjung rest area yang sedang lengah atau tertidur, untuk mengambil barang- barang berharga dari dalam mobilnya,” kata E.

AKBP Yovan mengungkapkan, pihaknya melakukan penyelidikan dengan mengecek CCTV untuk mengidentifikasi pelaku.

“Atas kerja sama dengan pihak TMJ dan berbekal CCTV, kami dibantu Polres Cilegon Banten mengamankan E saat bersembunyi di daerah Cilegon, Provinsi Banten,” imbuhnya.

Atas kejahatannya, tersangka pelaku pencurian dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun penjara. (rez)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved