Stikes Telogorejo Semarang

Peran Kader Kesehatan Dalam Merawat Orang Sakit di Rumah

Penyakit paliatif merupakan suatu penyakit kronis atau penyakit terminal dengan keadaan sulit dan susah untuk disembuhkan.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
PERAN KADER KESEHATAN DALAM MERAWAT ORANG SAKIT DIRUMAH 

Disusun Oleh: Ns. Asti Nuraeni, M.Kep., Sp.Kep.Kom Dosen S1 Keperawatan dan Profesi Ners STIKES Telogorejo

Penyakit paliatif merupakan suatu penyakit kronis atau penyakit terminal dengan keadaan sulit dan susah untuk disembuhkan.

Hasil penelitian di wilayah binaan Kelurahan Karangayu berdasarkan survey deteksi dini perawatan paliatif ada 62 pasien paliatif yang ada saat ini masuk dalam kategori membutuhkan perawatan paliatif.

Kondisi yang ada 65persen masyarakat tidak melakukan pengobatan secara rutin karena keterbatasan biaya.

Terdapat 35persen dengan lama pengobatan lebih dari 5 tahun menderita sakit.

PERAN KADER KESEHATAN DALAM MERAWAT ORANG SAKIT DIRUMAH
PERAN KADER KESEHATAN DALAM MERAWAT ORANG SAKIT DIRUMAH (IST)

Kondisi tersebut membuat banyak pasien paliatif di masyarakatmemerlukan perawatan paliatif.

Pelayanan kesehatan yang tersedia diwilayah Kelurahan Karangayu mempunyai kader kesehatan yang aktif dalam kegiatan Posbindu PTM, namun kegiatan yang tersedia hanya terbatas untuk pelayanan penyakit tidak menular.

Sehingga belum ada kader kesehatan yang membantu pasien paliatif di masyarakat.

Kader kesehatan yang ada perlu dioptimalkan fungsinya dalam perawatan paliatif dengan dibekali pelatihan terkait pengetahuan perawatan paliatif dan cara penanganan yang bisa dilakukan untuk merawat pasien paliatif di masyarakat (Poppy Siti Aisyah, 2020).

PERAN KADER KESEHATAN DALAM MERAWAT ORANG SAKIT DIRUMAH
PERAN KADER KESEHATAN DALAM MERAWAT ORANG SAKIT DIRUMAH (IST)

Kader kesehatan kelurahan Karangayu sudah diberikan pelatihan terkait perawatan dasar pasien paliatif. Kegiatan yang akan dilakukan meliputi:

1. Melakukan deteksi dini pasien paliatif di masyarakat;
2. Pelatihan tentang perawatan paliatif cara deteksi dini pasienpaliatif;
3. Demonstrasi tentang pemenuhan kebutuhan dasar membantu memberikan makan, minum, membantu menolong BAK/BAB, membantu membersihkan mulut, memandikan, membersihkan genetalia;
4. Demonstrasi tentang terapi relaksasi dan latihan aktifitas fisik;
5. Penilaian untuk merujuk ke pelayanan kesehatan.

Perlunya kader kesehatan dibekali pengetahuan dan ketrampilan terkait tentang perawatan dasar orang sakit.

Fokus pemberian perawatan orang sakit pada pasien dengan penyakit kronis atau terminal misalnya penyakit stroke, penyakit kronis lainnya yang sudah tidak bisa beraktivitas dan hanya terbaring lemah di tempat tidur.

Kader kesehatan diajarkan tentang bagaimana cara melakukan perawatan diri walaupun dalam kondisi tirah baring. Perawatan dimulai dari perawatan gigi dan mulut, memandikan ditempat tidur, membersihkan alat genetalia dan membantu keramas di tempat tidur.

Perawatan diri merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, mengingat kondisi paliatif pasien sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar secara mandiri.

Kader kesehatan selain dibekali tentang perawatan dasar juga diajarkan tentang melakukan latihan aktifitas fisik ditempat tidur.

Latihan aktifitas fisik perlu diajarkan kepada pasien yang tidak bisa beraktifitas secara mandiri, sehingga perlu diajarkan latihan aktifitas fisik ditempat tidur.

Kader kesehatan juga dilatih untuk menolong pasien cara berpindah dan membantu memberikan posisi yang nyaman pada pasien, misalkan posisi duduk, miring kanan, miring kiri, latihan berdiri dan latihan jalan.

Kader kesehatan diharapkan setelah dibekali dengan pelatihan dan banyak kegiatan ini dapat membantu pasien paliatif dimasyarakat untuk melakukan perawatan dirumah dan mengajarkan kepada keluarga dengan harapan kualitas hidup dapat meningkat pada pasien dengan penyakit peliatif di masyarakat.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved