Berita Pekalongan

Peringati Hari Disabilitas Internasional 2022, Pemkot Pekalongan Berikan Bantuan

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: rival al manaf
Dinkominfo Kota Pekalongan
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat menyerahkan bantuan untuk para penyandang disabilitas, di aula Kecamatan Pekalongan Barat. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan memberikan bantuan untuk para penyandang disabilitas, di aula Kecamatan Pekalongan Barat.

Dalam kegiatan peringatan tersebut, para penyandang disabilitas saling bersilaturahmi dan menunjukkan bakat dan minat yang dimilikinya. Tak lupa, Pemkot Pekalongan memberikan bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar dan sejumlah hadiah serta penghargaan lainnya kepada mereka.

"Alhamdulillah, kami menghadiri acara peringatan hari disabilitas internasional tingkat Kota Pekalongan tahun 2022 yang diselenggarakan di aula Kecamatan Pekalongan Barat."

"Kami melihat, semangat yang luar biasa ditunjukkan para penyandang disabilitas ini, meski mereka memiliki keterbatasan," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid saat rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, dukungan dan bentuk perhatian dari pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, dan daerah sudah maksimal, termasuk dalam membangun sarana dan prasana harus ramah disabilitas.

Pihaknya mengapresiasi bahwa, dibalik keterbatasan para penyandang disabilitas ini, sudah banyak dari mereka yang menorehkan prestasi membanggakan di bidang olahraga dan bidang lainnya di ajang bergengsi tingkat daerah, provinsi, nasional, hingga internasional.

"Semuanya ini harus solid dan saling menguatkan, dan tetap semangat, serta percaya diri. Meski di tengah masyarakat, keberadaan penyandang disabilitas terkadang disepelekan dan di pandang sebelah mata, tetapi kalau mereka kompak dan saling mendukung akan semakin kuat dan berdaya."

"Kami mendorong, agar semangat para disabilitas ini tetap terjaga dan anggota mereka harus saling bersatu, mudah-mudahan perhatian pemerintah ke penyandang disabilitas ini bisa semakin baik lagi ke depannya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Yos Rosyidi mengaku bersyukur pada tahun ini Dinsos-P2KB Kota Pekalongan bisa kembali melaksanakan peringatan Hari Disabilitas Internasional meskipun tanggal pelaksanaannya terlewat dari tanggal 3 Desember lalu.

Kendati demikian, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi, penghargaan, ruang dan akses seluas-seluasnya kepada para penyandang disabilitas di Kota Pekalongan, agar mereka tetap bisa meningkatkan kapasitasnya supaya setara dengan kelompok masyarakat lainnya.

"Kami undang 100 orang perwakilan kelompok disabilitas untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan antar komunitas. Hari ini kami serahkan 3 buah kursi roda dan alat bantu dengar, sebelumnya juga sudah kami berikan batuan serupa sebanyak lebih dari 90 buah untuk tahun 2022 ini kepada para penyandang disabilitas di Kota Pekalongan."

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk mereka," pungkasnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved