Natal dan Tahun Baru

Jelang Nataru, Polresta Cilacap Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022

Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023, Polresta Cilacap melaksanakan apel helar pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2022.

Ist. Humas Polresta Cilacap
Apel Gelar Pasukan yang diadakan oleh Polresta Cilacap menjelang momen perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023. Kamis (22/12) di Alun-Alun Cilacap. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023, Polresta Cilacap melaksanakan apel helar pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2022.

Apel dilaksanakan di Alun-Alun Cilacap, Kamis (22/12/2022).

Plt Polresta Cilacap AKBP Eko Widiantoro bertindak selaku pimpinan apel, yang didampingi Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi dan Sekda Awaludin Muuri.

Hadir dalam kegiatan, Forkompimda Kabupaten Cilacap, Pejabat Utama Polresta Cilacap, Kepala OPD, serta Kapolsek Jajaran Polresta Cilacap .

Adapun pasukan apel adalah petugas gabungan yang terdiri dari pleton Subdenpom Cilacap, pleton TNI Kodim 0703/Cilacap,  pleton Batalyon D Pelopor Brimob Kroya dan pleton Gabungan Staf Polresta Cilacap.

Adapula pleton BPBD Cilacap, pleton Dinrumkimhub Cilacap, Satpol PP Cilacap,  pleton Dinas Kesehatan, pleton Senkom dan Banser serta pleton Sarana dan Prasarana Operasi Lilin Candi 2022 Polresta Cilacap.

Plt Polresta Cilacap, AKBP Eko Widiantoro dalam apel membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diantaranya menyebutkan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk
pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. 

Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi.

Sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Nataru sendiri merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

Sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.


"Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini," kata Eko kepada Tribunjateng.com.

Maka dari itu, Polri dengan dukungan TNI, pemerintah daerah, mitra kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022.

Operasi Lilin Candi ini akan diselenggarakan selama 11 hari, yakni mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditinggkatkan atau KRYD yang dimulai sejak 3 Januari sampai 9 Januari 2023," imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam Operasi Lilin Candi 2022 ini terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu.

Para personel gabungan tersebut disiagakan untuk mengamankan 52.636 objek pengamanan.

"Berbagai hal tersebut tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru,
agar masyarakat merasa nyaman dan aman," ucap Eko.

Seusai apel gelar pasukan, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana dan prasarana oleh Plt Kapolresta Cilacap, Pj Bupati, Dandim 0703/Cilacap dan Sekda Kabupaten Cilacap didampingi oleh pejabat lainnya. (pnk)

Baca juga: Meningkatkan Kemampuan Menulis Recount Text dengan SELPO Selfie Photo

Baca juga: “SME’s Lifetime Achievement Award” Program Apresiasi BRI Ro Semarang Kepada Nasabah

Baca juga: Belajar di Farmasi UMP, Tiga Mahasiswa Internasional ini Jadi Suka Obat Herbal

Baca juga: Bupati Tegal 2022 Umi Azizah Minta Sobat Ambyar Jaga Paseduluran di Kabupaten Tegal 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved