Jelang Natal dan Tahun Baru Pemkab Pekalongan Giatkan Sidak Bahan Makanan Ke Pasar Tradisional

Jelang perayaan Natal dan tahun baru, tim gabungan dari Dinasperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan

Jelang Natal dan Tahun Baru Pemkab Pekalongan Giatkan Sidak Bahan Makanan Ke Pasar Tradisional
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Petugas tengah melakukan pemeriksaan terhadap bahan makanan di Pasar Kajen Kabupaten Pekalongan, Kamis (6/12/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Jelang perayaan Natal dan tahun baru, tim gabungan dari Dinasperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan, Polres Pekalongan, Dinkes, Satpol PP dan dinas terkait gelar sidak ke tiga Pasar tradisional, Kamis (6/12/2018).

Adapun dalam Sidak, selain meninjau perkembangan harga Sembako, tim gabungan juga memeriksa berbagai bahan makanan untuk melihat kandungan bahan pengawet yang acap kali ditambahkan oleh pedagang yang tak bertanggungjawab.

Beberapa minuman dan makanan kemasan yang sudah kadaluarsa juga tak luput dari pemeriksaan petugas. Dijelaskan Kasi Perlindungan Konsumen Dinperidagkop UMKM Kabupaten Pekalongan, Dewi Fabanyo, Sidak fokus pada tiga pasar yaitu Pasar Kajen, Karanganyar dan Wonopringgo.

"Sidak ditujukan untuk memonitor harga sembako di pasar tradisional, dan juga sebagai antisipasi adanya bahan tambahan berbahaya pada makanan dan minuman yang dijual di pasar," jelasnya.

Pihaknya menemukan minuman kemasan sudah kadaluarsa dan beberapa kemasan sudah rusak, untuk itu petugas melakukan penyitaan agar makanan dan minuman tersebut tidak dijual kembali.

"Untuk makanan dan minuman yang sudah habis masa berlakunya kami tarik, dan pedagangnya kami beri pembinaan ditempat," paparnya.

Giat tersebut dikatakan Dewi akan terus dilakukan hingga akhir perayaan Natal dan tahun baru mendatang.

"Kami akan terus melakukan Sidak, supaya harga bahan makanan dapat dikontrol jelang perayaan Natal dan tahun baru, serta mengantisipasi adanya penjualan nakal," tuturnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved