Gempa Hari Ini

Gempa di Wonosobo Malam Ini Berkategori Dangkal, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, malam ini pukul 20:05:40 WIB, Senin (10/12/2018).

Gempa di Wonosobo Malam Ini Berkategori Dangkal, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
SHUTTERSTOCK
Gempa bumi di Wonosobo malam ini 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, malam ini pukul 20:05:40 WIB, Senin (10/12/2018).

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi berkekuatan 2,7 magnitudo terjadi dengan koordinat episenter pada 7.42 LS dan 109.87 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Wonosobo.

Gempa ini dirasakan di Kalibeber-Wonosobo Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 11 km, dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI).

"Guncangan gempa ini dirasakan oleh warga," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, kepada Tribunjateng.com.

Gempa Hari Ini Mengingatkan Kembali Tentang Gempa Dahsyat di Wonosobo 1924 Silam

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 21:24 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Setyoajie mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved