TPA Desa Kalikondang Demak Rusak Sawah dan Sebarkan Penyakit, DPRD: Akhir Tahun 2020 Dipindah

DPRD Demak menggelar rapat audiensi dengan perwakilan warga Desa Kalikondang terkait TPA sampah yang merusak areal persawahan dan sebabkan penyakit.

TPA Desa Kalikondang Demak Rusak Sawah dan Sebarkan Penyakit, DPRD: Akhir Tahun 2020 Dipindah
Tribun Jateng/Alaqsha Gilang Imantara
DPRD Demak menggelar rapat audiensi dengan perwakilan warga Desa Kalikondang, Kepala Desa Kalikondang, Dinas Lingkungan Hidup Demak, Dinputaru Demak di gedung DPRD Demak, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - DPRD Demak menggelar rapat audiensi dengan perwakilan warga Desa Kalikondang, Kepala Desa Kalikondang, Dinas Lingkungan Hidup Demak, Dinputaru Demak di Gedung DPRD Demak, Selasa (12/3/2019).

Rapat yang dipimpin Wakil DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet ini bertujuan menyelesaikan keluhan warga Kalikondang akibat keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah mulai dari rusaknya areal persawahan, penyakit gatal-gatal, dan timbulnya bau tidak sedap.

Setelah sebelumnya warga Desa Kolindang mengadakan aksi unjuk rasa atas keberadaan TPA Kalikondang yang telah merugikan warga setempat di Balai Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kabupaten Demak, Senin (11/3/2019).

Kepala Desa Kalikondang, Muhammad Asif mengaku keberadaan TPA telah mengakibatkan sampah yang bertebaran, adanya air limbah yang merusak pertanian, bau tidak sedap dan penyakit gatal-gatal.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Demak Setujui 7 Raperda Menjadi Perda

"Kami mempertanyakan surat perjanjian yang di tanda tangani pada 2015 bahwa TPA dijanjikan dipindah awal tahun 2019, namun hingga kini belum terealisasi," ujarnya dalam rapat dengar pendapat di Gedung DPRD Demak, Selasa (12/3/2019).

Pihaknya menginginkan ada kejelasan dari dinas terkait baik dari DLH maupun Dinputaru Demak kapan rencana pemindahan TPA Desa Kalikondang.

Sekretaris DLH, Masruh mengatakan pihaknya memang telah menandatangani persetujuan pemindahan TPA tersebut.

Meski begitu, tanda tangan tersebut atas nama pemerintah bukan atas nama pribadi.

Sehingga dia tidak bisa disalahkan begitu saja karena hal ini menjadi tanggung jawab dari pemerintah Kabupaten Demak.

"Kepala DLH, Agus Musyafak dan Kepala Dinputaru Demak, Dhoso Purnomo telah menyepakati kepindahan TPA paling lambat 2020," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved