Breaking News:

Dinkes Jateng Sebut Ada 7 Kabupaten/Kota dengan Temuan HIV/Aids Tertinggi

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyebut ada tujuh kabupaten/kota dengan temuan HIV/Aids tertinggi di Jateng.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes usai Pertemuan Penerapan Aspak pada Penyusunan Kebutuhan SPA Fasyankes di Hotel Dafam Semarang, Senin (08/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyebut ada tujuh kabupaten/kota dengan temuan HIV/Aids tertinggi di Jateng.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo M.Kes menyebutkan, kabupaten/kota tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Pati.

"Kabupaten-kabupaten tersebut adalah temuan tertinggi di tahun 2018," jelasnya saat membuka Pelatihan Dukungan dan Pengobatan (PDP) HIV/Aids bagi petugas Puskesmas dan rumah sakit di Hotel Grasia Semarang yang berlangsung hingga Jumat, (12/04/2019).

Ditemukannya kasus berbahaya itu, Yulianto memaparkan, Puskesmas perlu meningkatkan Pelayanan bagi Orang dengan HIV/Aids (ODHA).

Hal itu agar seluruh Puskesmas mampu melakukan pelayanan ODHA dengan baik.

"Perlu dukungan pengobatan ODHA, perlu komitmen bersama mulai dari pimpinan tertinggi, terbawah serta lintas sektor untuk memberikan pelayanan yang komprehensif," paparnya.

Ia melanjutkan, dalam pengobatan diperlukan juga infrastruktur dan perlu dibentuk sistem yang efektif terutama dalam pendistribusian obat Antiretroviral (ARV).

"Temukan HIV dan obati (TOP), serta pertahankan pengobatan ARV," katanya. (idy)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved