Breaking News:

Anak Kos Berpotensi Terjangkit Hepatitis A, Begini Penjelasan Dokter Hery Djagat

Jika Anda anak kos, sepatutnya perlu berhati-hati terhadap penularan virus Hepatitis A.

TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Dr. dr Hery Djagat Purnomo SpPD SGEH, Kepala Divisi Gastroentero Hepatologi Ilmu Penyakit Dalam RSUP dr Kariadi Semarang bersama Kabid Kesmas Dinkes Prov Jateng dr. Wahyu Setianingsih, M.Kes (Epid) saat acara on air di Radio Prambors, Semarang, Rabu (24/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jika Anda anak kos, sepatutnya perlu berhati-hati terhadap penularan virus Hepatitis A.

Dr. dr Hery Djagat Purnomo SpPD SGEH, Kepala Divisi Gastroentero Hepatologi Ilmu Penyakit Dalam RSUP dr Kariadi Semarang sekaligus Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia Wilayah Jawa Tengah menyebutkan, anak kos dapat menjadi sasaran terpaparnya virus yang disebabkan oleh makanan atau air yang tercemar tersebut.

Hal itu lantaran, anak kos termasuk dalam kelompok yang seringkali mengonsumsi makanan yang sama dalam satu tempat sehingga apabila higienitas kurang dan terpapar virus tersebut.

"Hepatitis A ini seringkali terjadi pada kelompok yang mengonsumsi makanan secara bersama-sama. Misalnya anak kos-kosan makan di warung yang sama, itu bisa terpapar," jelasnya di sela-sela acara on air bersama Dinkes Jateng dalam tema "Hepatitis" di Radio Prambors Semarang, Rabu (24/7/2019).

Selain anak kos, lanjutnya, paparan virus Hepatitis A dapat menjangkit skala lebih besar seperti penghuni asrama, kapal, hingga kelompok masyarakat seperti yang beberapa waktu lalu terjadi hampir pada 1000 orang di Pacitan, Jawa Timur.

Menilik pada contoh tersebut, menurutnya, sanitasi yang kurang bersih, makanan, maupun air dapat menjadi pemicu virus Hepatitis A.

"Misalnya kelompok masyarakat itu mengambil air yang sama, yang tercemar oleh virus hepatitis. Saat mereka mengonsumsi minuman yang sama bisa satu desa itu sakit semua," paparnya.

Lanta ia menyarankan, agar masyarakat tidak mudah terpapar virus Hepatitis A ini salah satunya yakni dengan perilaku hidup bersih dan sehat. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved