Peminat Bakal Calon Kepala Desa di Batang Membludak, Dispermasdes Bakal Gelar Seleksi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang sebut animo masyarakat jadi kepala desa sangata tinggi.

Peminat Bakal Calon Kepala Desa di Batang Membludak, Dispermasdes Bakal Gelar Seleksi
IST
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Animo masyarakat menjadi kepala desa di Kabupaten Batang ternyata cukup tinggi.

Hal itu terlihat adanya satu desa dengan bakal calonnya yang mendaftar sampai 10 orang.

"Ada 10 bakal calon kepala desa yang mendaftar, padahal secara regulasi batas maksimal calon kepala desa hanya lima, dan ini terjadi di Desa Sawangan sehingga tidak menutup kemungkinan ada desa lain yang balonnya lebih dari lima," tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata saat ditemui di kantornya, Selasa (6/8/2019).

Melihat banyaknya antusias pendaftar Kades, Pemkab Batang melalui Dispermades akan segera menggelar seleksi bakal calon kepala desa yang lebih dari lima bakal calon.

"Setelah usai pendaftaran baru kita mau menggelar tes seleksi bakal calon kepala desa," jelasnya.

Sudah 7 Lokalisasi Ditutup Tahun 2019, Kementerian Sosial: Target 5 Lagi, 2 di Kota Semarang

Pemkot Semarang Bakal Eksekusi Penutupan Lokalisasi Sunan Kuning Tanggal 15 Agustus 2019

Dia menjelaskan tes seleksi akan dilaksanakan secara tertulis dimana soal-soalnya dirumuskan oleh tim dari Pemkab, Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Pendidikan serta Dinas Kebangsaan dan Politik.

"Untuk materi tes tertulisnya meliputi pengetahuan umum, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bahasa Indonesia dan Pengathuan tentang pemerintahan desa," jelasnya.

Agung Wisnu Barata juga menjelaskan ada penambahan desa yang memiliki komitmen pilkades tanpa politik uang, sehingga sementara baru ada tujuh desa yang secara lisan siap tanpa money politik.

Adapun desa yang berkomitmen tanpa politik uang di antaranya, Desa Sukomangli Kecamatan Reban siap berkomitemen pilkades tanpa politik uang, bersama Desa Kreo, Sodong Kecamatan Wonotunggal, Kecamatan Tulis Desa Siberuk, Kecamatan Subah Desa Kemiri Barat, Kecamatan Gringsing Desa Yosorejo dan Kecamatan Reban Desa Reban. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved