Berjuang Lebih dari 6 Tahun, Pemprov Jateng Kini Kuasai Lahan PRPP

Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akhirnya dkabulkan oleh Mahkamah Agung (MA)

Berjuang Lebih dari 6 Tahun, Pemprov Jateng Kini Kuasai Lahan PRPP
Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menerima HPL dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jateng, Jonahar, di kantor Gubernur, Rabu (7/8). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akhirnya dkabulkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Alhasil, polemik panjang kepemilikan aset lahan Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah kini berhasil dikuasai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sengketa lahan yang terjadi di PRPP Jawa Tengah sudah berlangsung cukup lama.

Delapan tahun yang lalu atau tepatnya tahun 2011, sengketa tersebut sudah terjadi antara PT Indo Perkasa Usahatama (IPU) dengan Pemprov Jateng.

Saat itu jabatan Gubernur dipimpin oleh Bibit Waluyo.

Kemudian saat Ganjar Pranowo menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah pada 2013, persoalan ini terus ia perjuangkan untuk merebut kembali aset tersebut.

Akhirnya perjuangan yang dilakukan Ganjar dan Pemprov Jateng tidak berujung sia-sia.

Dalam putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 790/PK/PDT/2018 tertanggal 23 Januari 2019, majelis hakim yang dipimpin Takdir Rahmadi memutuskan untuk mengabulkan peromohonan PK yang diajukan Gubernur Jateng dan PT PRPP, sekaligus membatalkan putusan Mahkamah Agung nomor 2587 K/Pdt/2016 tanggal 31 Oktober 2016 tentang penolakan permohonan kasasi Gubernur dalam persidangan sebelumnya.

Dalam pokok perkara, hakim menyatakan gugatan penggugat (PT IPU) tidak dapat diterima (niet ontvankelijk verklaard).

Atas putusan yang memenangkan Pemprov Jateng itu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang menerbitkan sertifikat hak pengelolaan (HPL) lahan PRPP Jawa Tengah.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved