Kader JKN-KIS Bakal Datangi Peserta BPJS Kesehatan yang Menunggak Iuran

Kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendatangi rumah peserta yang menunggak iuran.

Kader JKN-KIS Bakal Datangi Peserta BPJS Kesehatan yang Menunggak Iuran
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agus Purwono, terlihat sedang berbincang dengan perwakilan Kader JKN-KIS. Berlokasi di Pesta Kebun, Jalan Veteran Kota Semarang, Selasa (13/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendatangi rumah peserta yang menunggak iuran.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Anthonius Ferry mengatakan kegiatan ini untuk terus meningkatkan kolektibilitas iuran BPJS Kesehatan.

Selain itu, ditambahkannya, untuk meningkatkan kolektibilitas pembayaran peserta Program JKN-KIS, terutama dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU),

Program pemberdayaan masyarakat melalui Kader JKN-KIS ini, sambungnya diluncurkan oleh BPJS Kesehatan sejak Oktober 2017.

Ferry juga menjelaskan para Kader JKN-KIS yang resmi direkrut harus melewati proses rekrutmen dan pembekalan sebelum ditugaskan.

Jelang Semen Padang Vs PSIS Semarang, Widyantoro: Sulit Bangkitkan Mental Bertanding Pemain

Pemkot Semarang Segera Menutup Lokalisasi Sunan Kuning, WPS Buat Rekening Dana Tali Asih

Jadi BPJS Kesehatan merekrut orang dengan klasifikasi tertentu, kemudian mendapat pelatihan singkat tentang program JKN.

“Selama tahun 2019, peran 65 Kader JKN di BPJS Kesehatan kantor cabang Semarang sudah sangat efektif dalam menjalankan fungsi fungsi sosialisasi (pemasaran sosial), perekrutan peserta, pengingat dan pengumpulan iuran BPJS Kesehatan,” terang Anthonius Ferry, pada Tribunjateng.com, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan, Kader JKN fungsinya ada tiga yaitu sebagai pengingat iuran, pengumpul iuran, memberikan sosialisasi dan menerima keluhan sekaligus mengedukasi.

Dalam menjalankan fungsinya, kader JKN-KIS ini diberikan surat tugas yang dikeluarkan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan.

Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan topi, rompi JKN- KIS, dan tanda pengenal. Sehingga masyarakat perlu memperhatikan hal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved