Akmil Pertahankan Taruna Enzo

Enzo, taruna Akademi Militer yang sempat viral karena diduga terpapar ideologi radikal, berada dalam kondisi sehat.

Akmil Pertahankan Taruna Enzo
TNI AD
Foto ibunda Enzo menangis usai anaknya lulus jadi Catar AKMIL Magelang. 

JAKARTA, TRIBUN -- Enzo, taruna Akademi Militer yang sempat viral karena diduga terpapar ideologi radikal, berada dalam kondisi sehat.

Enzo Allie dan taruna lain yang mengikuti penilaian tambahan tidak berada dalam tekanan karena tidak berhubungan dengan dunia luar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD, Jakarta, Selasa (13/8).

"Enzo dan taruna Akademi Militer yang mengikuti penilaian tambahan kemarin, mereka berada dalam kondisi bagus dan sehat karena makan dan semuanya sudah lebih bagus. Semua dalam kondisi bagus, tidak berada dalam tekanan," ujar Andika.

Andika meyakini saat ini Enzo tidak mengetahui perbincangan hangat di masyarakat soal dirinya. Selama menempuh pendidikan dan pelatihan di Akademi Militer, semua taruna Akmil tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan dunia luar. Para taruna tidak boleh memegang alat komunikasi apapun sejak awal mengikuti pendidikan. Selama tiga bulan pertama para taruna mengikuti pelatihan dasar militer integratif.

"Mereka sama sekali tidak diperkenankan berhubungan dengan dunia luar. Ponsel, alat komunikasi, tidak. Jadi saya yakin dia tidak mendengar," kata Andika.

TNI Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie di Akademi Militer berdasarkan hasil tes tambahan terkait ideologi yang melibatkan pihak lain di luar TNI. Penilaian ini diikuti oleh Enzo dan sejumlah taruna lainnya secara acak.

"Kami tidak akan mengklaim alat ukur yang kami miliki itu valid. Maka kami juga mengambil alternatif alat ukur yang selama ini dikembangkan dan digunakan cukup lama, akurasi, validasinya, bisa dipertanggungjawabkan karena sudah digunakan selama delapan tahun," kata Andika.

Penilaian tersebut dilakukan pada Sabtu (10/8) dan Minggu (11/8) lalu. Hasilnya kemudian dianalisis pada Senin (12/8). Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan kesimpulan indeks moderasi bernegara Enzo Zenz Allie mencapai 84 persen.

"Nilainya adalah 5,9 dari maksimum tujuh, jadi indeks moderasi bernegaranya cukup bagus," jelas Andika.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved