Gunondo Olah Sampah Plastik jadi Paving Block, Bermodal Dua Ekor Burung Murai Batu

Lelaki dari kalangan komunitas Sedulur Sikep itu prihatin saat melihat sampah plastik menumpuk

Gunondo Olah Sampah Plastik jadi Paving Block, Bermodal Dua Ekor Burung Murai Batu
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Nurhadi (kiri) dan Gunondo (kanan) tengah mengolah sampah plastik menjadi paving block 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Sampah plastik menjadi masalah krusial pada kiwari ini. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi sampah plastik.

Salah satunya yaitu kembali mendaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Satu di antara mereka yang mengolah sampah plastik yaitu Gunondo. Lelaki dari kalangan komunitas Sedulur Sikep itu prihatin saat melihat sampah plastik menumpuk.

Akhirnya, dia bersama dua warga lainnya, bkan dari Sedulur Sikep, memutuskan untuk mengolah sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna.

Beberapa waktu yang lalu, saat Tribun Jateng bertandang ke kediamannya di Dukuh Kaliyoso, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Gunondo tengah sibuk membakar plastik di atas besi pelat. Plastik yang sudah meleleh itu, kemudian dicetak ke dalam besi berbentuk segi enam.

Dengan dibantu seorang lainnya, Nurhadi, Gunondo mengolahnya menjadi paving block. Selain itu dia juga mengolahnya menjadi semacam batu alam.

“Ini sampah plastik diolah menjadi seperti batu alam dan paving block. Ini masih terbatas, jadi kami mencoba mengolahnya agar sampah plastik memiliki nilai dengan mendaur ulangnya,” kata Gunondo.

Ide ini muncul, kata Gunondo, lantaran dia menemui banyak sampah plastik yang berserak tanpa guna. Apalagi masih minimnya kepedulian terbuti masih banyak yang membuang sampah di sembarang tempat.

“Banyak ditemui sampah plastik di saluran air, di sungai. Itu kan merusak lingkungan. Membuat sungai juga menjadi dangkal,” kata Gunondo.

Setelah berpikir sebulan lamanya, akhirnya Gunondo memutuskan untuk menjual dua ekor burung murai batu piaraannya.

Halaman
123
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved