Ngopi

Fokus : Luweng untuk Gandamana

Bambang Kumbayana, yang pada masa tuanya kita kenal sebagai Begawan Drona, pernah merasakan sikap keras dan tanpa kompromi Gandamana.

Fokus : Luweng untuk Gandamana
tribunjateng/bram
Achiar Permana wartawan tribun jateng 

Oleh Achiar M Permana

Wartawan Tribun Jateng

KOCAP kacarita, Raden Gandamana seorang ksatria berwatak keras. Nyaris tanpa kompromi.

Seorang Bambang Kumbayana, yang pada masa tuanya kita kenal sebagai Begawan Drona, pernah merasakan sikap keras dan tanpa kompromi Gandamana.

Pada suatu hari, Kumbayana yang merupakan saudara angkat Prabu Drupada, raja Kerajaan Pancala, datang. Gandamana tak lain ipar Drupada. Kakak perempuan Gandamana, Gandawati, istri Drupada

Sebenarnya, Gandamana merupakan ahli waris sah takhta Kerajaan Pancala. Dia putra lelaki Prabu Gandabayu, raja Pancala. Namun, karena ingin mengabdi pada Prabu Puntadewa, raja Astina yang juga ayah para Pandawa, dia menyerahkan takhta Pancala kepada sang ipar.

Nah, ketika itu, Kumbayana datang dengan sikap kurang sopan, untuk tidak dibilang kurang ajar. Dia memanggil-manggil nama kecil Drupada, yaitu Sucitra. Dengan tidak hormat.

"Sucitra, Sucitra, keluarlah. Mengapa kau tidak menyambutku. Aku Kumbayana, teman lamamu," teriak Kumbayana.
Rupanya, tidak satu pun pengawal maupun rakyat Pancala yang tahu siapa Sucitra. "Hei, Sucitra, apa kau sudah melupakan saudaramu?" Kumbayana masih berteriak-teriak di dalam istana.

Demi mendengar teriakan orang tidak dikenal di depan istana, dengan cara yang tidak sopan pula, Gandamana meradang. Baginya, orang yang tidak mengenal tatakrama itu perlu diberi pelajaran.

Singkat cerita, dia pun menghajar Kumbayana hingga wajah tampannya hancur berantakan. Tubuhnya yang gagah pun rusak. Dia menjelma pria buruk rupa, bertampang seperti orang tua, yang di kemudian hari kita kenal sebagai Drona.

Halaman
123
Penulis: achiar m permana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved