Tak Kalah dengan 911, Hendi Luncurkan Versi Baru 112 Kota Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi masih terus berupaya untuk menyempurnakan layanan tersebut.

Tak Kalah dengan 911, Hendi Luncurkan Versi Baru 112 Kota Semarang
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi launching Integrasi Lapor Hendi dan Aplikasi Layanan Darurat 112 versi 3 menuju Smart City Indonesia 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Walau penerapan layanan gawat darurat seperti 911 di Amerika melalui nomor 112 di Kota Semarang terbilang sukses, namun Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi masih terus berupaya untuk menyempurnakan layanan tersebut.

Penyempurnaan tersebut antara lain terkait meningkatkan daya respon 112 agar bisa tersambung ke banyak instansi dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini dikarenakan dalam evaluasinya, ada banyak laporan yang memerlukan penanganan lintas instansi dengan kewenangan masing-masing.

Salah satu contoh ketika ada laporan terkait kemacetan, Hendi menginginkan operator 112 dapat menyambungkan laporan langsung secara paralel ke Dinas Perhubungan dan Polrestasbes Kota Semarang.

Dan untuk semakin meyakinkan masyarakat terhadap peningkatan kesiapan layanan Call Center 112, dalam merespon laporan masyarakat, Wali Kota Semarang yang juga akrab disapa Hendi itu lantas meluncurkan Call Center 112 versi baru.

Bertempat di Hotel Semesta, Kota Semarang, Rabu (16/10), hadir dalam peluncuran tersebut sejumlah stakeholder yang membantu Kota Semarang dalam menjalankan layanan 112, antara lain Contact Center World Indonesia, PT. Jasnita Telekomindo, PT. ESA Kreasi Negri, serta Kementrian Kominfo Republik Indonesia yang diwakili oleh Harapan Takaryawan selaku Kasubdit Pita Lebar.

Hendi pun menuturkan fokus pengembangan versi baru Call center 112 adalah agar masyarakat dapat lebih cepat mendapatkan respon atas laporannya.

Dalam layanan 112 versi baru, setiap instansi akan mendapatkan notifikasi gawat darurat secara otomatis jika terkait dengan laporan yang diberikan.

Dengan adanya notifikasi tersebut, maka laporan yang disampaikan dapat sesegera mungkin direspon oleh instansi yang berkaitan.

Tak hanya itu, fitur integrasi antar instansi untuk setiap laporan yang ada dalam versi sistem 112 terbaru juga dinilai dapat mempercepat penanganan, karena antar instansi dapat langsung terhubung berkomunikasi.

Halaman
12
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved