Virus Corona Jateng

Pemkab Pekalongan Siapkan Rumah Sakit Baru untuk ODP dan PDP Virus Corona

Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan menambah rumah sakit (rs) rujukan lini 3 untuk mereka penderita terinfeksi virus Corona.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan menambah rumah sakit (rs) rujukan lini 3 untuk mereka penderita terinfeksi virus Corona.

Rumah sakit ini, nantinya untuk penambahan jumlah ruang isolasi pasien ODP (Orang Dalam Pantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di Kabupaten Pekalongan.

"Kebijakan ini diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan sebagai upaya untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pasien yang disebabkan oleh laju pemudik dari daerah zona merah virus corona atau COVID-19 yang sangat tinggi," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat meninjau persiapan Puskesmas 2 Wonokerto sebagai RS rujukan lini 3, Senin (6/3/2020).

Kabar Gembira di Tengah Pandemi Corona, Pemerintah Umumkan Aturan Tentang THR, Simak Selengkapya

Wakil Dirut PLN: Mulai Hari Ini Token Listrik Gratis dan Diskon 50 % Sudah Bisa Diakses, Ini Caranya

Motivator Tung Desem Waringin Dinyatakan Positif Corona : Tetap Semangat dan Tetap Gembira

Bukan Isapan Jempol Perintah Presiden Filipina Duterte, 1 Pria Ditembak Mati Langgar Aturan Lockdown

Adapun untuk tempatnya sendiri, bupati Asip menjelaskan bahwa ruang isolasi akan ditambahkan di Puskesmas 2 Wonokerto dengan kapasitas 46 kamar.

"Rumah sakit lini ketiga ini dianggap bisa menjadi ruang isolasi, karena letak puskesmas yang jauh dari pemukiman warga."

"Kemudian untuk 46 kamar itu diantaranya, 40 kamar untuk ODP dan 6 kamar untuk PDP. Kami juga menyiapkan, ruangan untuk para tenaga medis," jelasnya.

Selain itu juga, untuk daya tampung sendiri bahwa Kabupaten Pekalongan memiliki 2 rumah sakit untuk penanganan virus corona yaitu RSUD Kraton dan RSUD Kajen.

"RSUD Kraton itu merupakan lini satu untuk pasien PDP tapi ruang isolasinya terbatas, kemudian kita punya lini dua yaitu RSUD Kajen yang juga terbatas.

Oleh karena itu, kita siapkan lapis tiga yaitu di Pusekesmas 2 Wonokerto ini," ujarnya.

Bupati Asip mengungkapkan bahwa, Pemerintah Kabupaten telah melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan protokol seperti yang telah dikatakan oleh Presiden dan Gubernur serta Kementrian Kesehatan terkait penanganan virus corona.

Halaman
1234
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved