Berita Pati

Bupati Pati Haryanto Apresiasi Inisiatif Marwan Jafar Sumbangkan APD untuk Rumah Sakit

“Dalam hal ini pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Peran dari berbagai pihak sangat dibutuhkan,” tandas dia

Istimewa
Direktur RSUD Soewondo Pati Suworo Nurcahyono menerima bantuan paket APD dari Relawan Marwan Jafar 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Anggota Komisi VI DPR RI asal Pati, Marwan Jafar, menyalurkan ratusan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) pada sejumlah Puskesmas dan rumah sakit di Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan.

“Total terdapat 550 APD untuk rumah sakit pemerintah maupun swasta, juga Puskesmas. Lima ratus merupakan APD sekali pakai atau disposable. Sedangkan 50 lainnya berupa APD set lengkap,” jelas Koordinator Relawan Marwan Jafar, Kastomo, Rabu (13/5/2020).

Selain set APD, bantuan dalam bentuk lain juga disalurkan, di antaranya masker medis (250 boks), sepatu medis (50 pasang), masker kain produksi UMKM (20 ribu lembar), dan 10 wastafel.

“Ada juga hand sanitizer dan disinfektan berikut alat semprotnya,” tambah Kastomo.

Distribusi bantuan dilakukan serentak oleh Relawan Marwan Jafar di empat kabupaten sasaran. Namun, sebagian di antaranya disalurkan melalui dinas kesehatan setempat.

Total terdapat 14 rumah sakit yang disasar dalam distribusi bantuan ini. Di Pati, rumah sakit yang menjadi sasaran yakni RSUD RAA Soewondo, RSUD Kayen, dan RSI Margoyoso.

Di Kabupaten Rembang, bantuan disalurkan ke RSUD dr Soetrasno, RSI Arafah, dan RS Bhina Bakti Husada.

Sedangkan di Blora diberikan ke RSUD dr R Soetijono, RSUD dr R Soeprapto Cepu, RSU Permata, RS PKU Muhammadiyah, dan RS Bhakti Padma.

Adapun Grobogan meliputi RSUD Raden Sudjati, RSI Purwodadi, Satgas Gugus Pemda Grobogan, dan PMI Grobogan.

Kastomo mengatakan, bantuan ini menyasar salah satu kalangan yang paling membutuhkan, yakni tenaga medis. Menurutnya, petugas kesehatan merupakan garda terdepan dalam perang melawan Covid-19.

“Dalam hal ini pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Peran dari berbagai pihak sangat dibutuhkan,” tandas dia.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengapresiasi kepedulian Marwan Jafar terhadap para tenaga medis. Menurutnya, bantuan APD memang sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi corona. Selain itu juga diharapkan dapat memotivasi para tenaga medis.

“Kami berterima kasih pada Bapak Marwan yang telah memberi perhatian, dukungan, dan bantuan kepada kami dalam menangani Covid-19. Bantuan APD dari beliau telah disampaikan langsung pada RSUD Soewondo, RSUD Kayen, dan Puskesmas,” kata dia. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved