Berita Kendal

DKP Jateng Serahkan 468 Ribu Benih Ikan Lele dan Bandeng ke Petani Tambak di Kendal

Memperkuat ketahanan pangan dalam sektor budidaya ikan di Kabupaten Kendal, DKP Jateng berikan 468 ribu bibit ikan bandeng dan lele kepada para petani

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA
Ilustrasi peternak ikan lele 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dalam sektor budidaya ikan di Kabupaten Kendal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah berikan 468 ribu bibit ikan bandeng dan lele kepada para petani tambak.

Selain itu, sebanyak 4.950 kilogram pakan turut disertakan guna membantu pembibitan awal.

Kepala Seksi Pengembangan Komoditas dari DKP Jateng, Islahut Tamam, menyampaikan pemberian bibit tersebut merupakan program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bentuk jaring pengaman ekonomi.

Sepinya Sidang Perdana Kasus Trio RT Provokasi Penolakan Jenazah Perawat RSUP Kariadi Semarang

Antisipasi Balap Liar, Polisi Tongkrongi Dua Ruas Jalan Ini di Kota Semarang

Dinkes Rapid Test di Pasar Wonodri Semarang, 1 Orang Hasilnya Positif Corona

Warga Kota Semarang Bisa Cek Dapat Bansos atau Tidak dengan Cara Ini

Katanya, bibit-bibit yang diberikan dimaksudkan guna memperkuat potensi hasil budidaya ikan di Kendal agar tetap produksi selama pandemi virus corona.

Pihaknya berharap dengan langkah antisipasi dini dapat menjaga ketahanan pangan di beberapa wilayah Jawa Tengah hingga pasca covid-19 berakhir nantinya.

Satu di antaranya para petani tambak di Kendal yang memiliki potensi tambak ikan air tawar dan payau yang besar.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan bibit dan pakan ikan dari ini yang diberikan kepada para pembudidaya di Kabupaten Kendal dapat bermanfaat, sehingga bisa meningkatkan dan menjaga ketahanan pangan khususnya ikan di wilayah Provinsi Jawa Tengah,” ujar Islahut di Kendal, Senin (18/5/2020).

Selain di Kabupaten Kendal, pemberian bibit ikan juga salurkan kepada kelompok pembudidaya di Kabupaten Sukoharjo, Temanggung, Klaten, Jepara dan Kabupaten Rembang.

Kabid Budidaya DKP Kendal, Joko Suprayogo, menambahkan benih-benih tersebut akan disalurkan kepada 6 kelompok tani tambak di Kendal.

Katanya, sejak pandemi covid-19 hasil panen terus menurun lantaran besarnya biaya perawatan yang ada. Terlebih harga pakan dan beberapa alat pendukung budidaya meningkat.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved