Breaking News:

Berita Semarang

Harlah ke-12, Forshei UIN Walisongo dan Lazisnu Semarang Lakukan Penghimpunan Zakat Online

Dalam rangka menyambut Hari Lahir Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (Harlah Forshei) ke–12 pada bulan Ramadhan 1441 H, Forshei berkerja sama dengan Lazi

IST
Penyerahan paket sembako secara simbolik dari Ketua Forshei, Nur Ma’arif (dari kanan nomor 3) kepada pihak Lazisnu Semarang, Hadzik (dari kanan nomor 5), pada Senin, (19/5/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka menyambut Hari Lahir Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (Harlah Forshei) ke–12 pada bulan Ramadhan 1441 H, Forshei berkerja sama dengan Lazisnu Semarang mengadakan kegiatan penghimpunan zakat fitrah dengan tema “Satukan Harmoni untuk Berbagi”.

Ketua Forshei, Nur Ma’arif, mengatakan hal ini dilakukan sebagaimana zakat fitrah merupakan zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya dan zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus dikeluarkan satu kali dalam setahun, yaitu pada saat bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Adapun zakat fitrah yang dibayarkan berupa uang sebesar Rp 30 ribu per orang, nominal tersebut sesuai dengan kesepakatan antara Forshei dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Semarang.

Disebut Fadli Zon Ambil Alih Pekerjaan Tukang Parkir, Ganjar: Maaf Kalau Panjenengan Tak Berkenan

Viral Sosok Tante Ernie Tante Pemersatu Bangsa, Juga Dikomentari Hotman Paris

Viral Ular Piton Raksasa Bergelantungan di Atap Rumah Warga, Melahap Bulat-bulat Seekor Posum

Fakta Baru Ternyata Bocah Penjual Gorengan Nyaris Tiap Hari Dibully, Polisi Duga Ini Alasan Pelaku

“Dikarenakan adanya pandemi covid-19 penghimpunan zakat fitrah dilakukan secara online baik melalui rekening Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan DANA.

Pembayaran zakat fitrah ini terbuka untuk seluruh kader Forshei dan keluarga alumni Forshei yang dimulai pada tanggal 4 Mei 2020 sampai 10 Mei 2020,” tutur Arif, Selasa, (19/5/2020).

Adapun jumlah muzakki yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 65 orang.

Dana zakat yang telah terkumpul diserahkan kepada Lazisnu yang kemudian akan dibelanjakan paket sembako.

Paket sembako tersebut kemudian didistribusikan kepada kaum duafa terutama yang terkena dampak covid-19, yang berada di daerah Wonolopo, Kecamatan Mijen dan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin, (18/5/2020).

Sebanyak kurang lebih 25 mustahiq menerima bantuan zakat fitrah dengan teknis satu mustahiq memperoleh satu paket sembako.

“Semoga dengan diadakannya zakat fitrah ini dapat memberikan banyak manfaat dan membantu meringankan mustahiq dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mengingatkan kita untuk senantiasa selalu bersyukur dan tetap semangat dalam beribadah,” tutup Arif. (Ute)

Pengacara Rektor Unnes Sebut Gugatan Sucipto Hadi Purnomo ke PTUN Semarang Beragenda Negatif

Kader PAN Kota Tegal Sebut Amien Rais Sengkuni Bikin Kisruh Internal, PAN Jateng: Harus Ada Sanksi

Sandra Dewi Pernah Ditinggal Banyak ART Gegara Kasih THR Setara Gaji Setahun, Kali Ini Ia Bimbang

18.863 Kepala Keluarga di Banjarnegara Terima BLT dari Dana APBD

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved