Breaking News:

Berita Jateng

Semua Pemkab dan Pemkot di Jawa Tengah Dapat Opini WTP dari BPK

Seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

IST
Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng, Ayub Amali saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Temanggung melalui sambungan virtual, Jumat (26/6/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah mendapatkan opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

36 pemerintah daerah di Jateng yang terdiri dari 35 kabupaten/kota dan pemerintah provinsi mendapatkan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng, Ayub Amali beserta seluruh jajaran mengucapkan selamat atas opini WTP yang telah diraih seluruh pemerintah daerah di wilayah Jateng.

Setelah Tolong Korbannya saat Kecelakaan di Boyolali, Pemuda Ini Lari, Beberkan Alasannya ke Polisi

Ini Alasan Nikita Mirzani Tinggalkan Sahabat-sahabat Lama: Harus Tinggalin yang Kampung

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Aris Abdul Azis Putra Bupati Demak Meninggal Dunia

Viral 2 Wanita Jalani Sumpah Pocong Soal Tuduhan Miliki Ilmu Santet, Terbukti Berbohong Meninggal

"Apresiasi disampaikan atas kerja keras seluruh pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. juga atas penyampaian LKPD ke BPK Perwakilan Jateng secara tepat waktu," kata Ayub melalui pesan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Pencapaian opini WTP tersebut menunjukkan jika laporan keuangan pemda di Jateng telah disusun sesuai standar akuntansi pemerintah Indonesia.

Di samping itu, penilaian opini secara tidak langsung juga merepresentasikan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Pada tahun kemarin, hampir semua pemda mendapatkan WTP, hanya Kabupaten Brebes yang mendapatkan Wajar Dengan Pengecualiaan (WDP).

Kali ini, Brebes bisa dikatakan pecah telur karena sudah beberapa tahun tidak mendapatkan WTP, pada tahun ini akhirnya memperolehnya.

Daerah yang terakhir mendapatkan opini WTP yakni Pemkab Temanggung. BPK Jateng menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Temanggung 2019, Jumat.

"Atas laporan keuangan Pemkab Temanggung tersebut, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," jelasnya.

Prosesi penyerahan LHP dilaksanakan secara daring (online) dengan video conference. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sebagai upaya menghentikan penyebaran wabah Covid-19.

LHP atas LKPD Kabupaten Temanggung diserahkan secara virtual dengan menunjukkan dokumen LHP melalui share screen zoom kepada Ketua DPRD Temanggung, Yunianto dan Bupati Temanggung M Al Khadziq.

Menurut Ayub, meskipun Temanggung mendapatkan opini WTP, BPK masih menemukan adanya beberapa kelemahan dalam hal sistem pengendalian intern dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Permasalahan tersebut antara lain pada penatausahaan aset tetap, pemberian dana bantuan siswa miskin SD dan SMP, dan pada pelaksanaan paket pekerjaan beberapa OPD," katanya.

Ayub berharap permasalahan tersebut menjadi perhatian Bupati maupun pimpinan DPRD Temanggung.(mam)

Resah Warganya Tak Dapat Internet Memadai, Kades Kadirejo Semarang Lakukan Cara Ini

PPDB Jateng 2020, Ditemukan Pengisian Data Tak Benar Soal Sertifikat Prestasi di SMAN 5 Semarang

Nikita Mirzani Blak-blakan Sebut 2 Musisi Indonesia yang Bertato dan Terkesan Dekil

Dewi Perssik Menangis saat Suami Bahas Perceraian

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved