Breaking News:

Berita Kesehatan

Tahukah Kamu, Gangguan Gigi dan Mulut Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

"Dan pada ibu hamil, gigi berlubang dapat menyebabkan kelahiran prematur yang diakibatkan oleh infeksi," kata dia

ibraandi
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Orang dengan gangguan pada kesehatan gigi dan mulut, ternyata memiliki risiko dua sampai tiga kali lipat terkena penyakit kardiovaskular atau serangan jantung, dan beragam penyakit lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh pakar kesehatan gigi drg Theresia Dessy dalam diskusi daring bertajuk Listerine: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Optimalkan Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh di Masa Pandemi.

Dijelaskan oleh Theresia, risiko dua sampai tiga kali terkena serangan jantung itu disebabkan oleh peradangan pada gusi dan bakteri di dalam mulut.

"Ini yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah," kata Theresia, Kamis (2/7/2020).

Tidak hanya itu, ternyata gangguan pada gigi seperti gigi berlubang menjadi tempat bermukimnya bakteri yang bisa menyebar langsung ke organ tubuh lainnya, termasuk paru-paru dan memicu pneumonia.

"Dan pada ibu hamil, gigi berlubang dapat menyebabkan kelahiran prematur yang diakibatkan oleh infeksi," kata dia.

Sementara itu, kontrol gula darah yang buruk bagi seorang penderita diabetes dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit gigi dan mulut yang disebut dengan periodontitis secara tidak langsung.

Oleh sebab itu, untuk menghindari berbagai kondisi penyakit akibat gangguan kesehatan gigi dan mulut, ada baiknya Anda melakukan perawatan gigi dan mulut semoptimal mungkin.

Caranya dengan menyikat gigi, flossing (menggunakan benang gigi) dan berkumur.

Menyikat gigi Theresia menuturkan bahwa menyikat gigi secara benar, minimal dua kali sehari secara rutin, membantu mencegah penumpukan plak atau biofilm di rongga mulut.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved