Pilwakot Semarang 2020

Pemerintah Beri Rp 6 Miliar ke KPU Kota Semarang untuk Terapkan Protokol Kesehatan di Pilwakot 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 6 miliar untuk penerapan protokol kesehatan dalam pela

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: muh radlis
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 6 miliar untuk penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada serentak.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom mengatakan, KPU Kota Semarang membutuhkan anggaran Rp 24 miliar untuk penerapan protokol kesehatan.

Pihaknya sudah dapat memenuhi sebesar Rp 8 miliar dari hasil rasionalisasi dana hibah APBD yang diberikan Pemkot Semarang pada awal tahapan pilkada. Kemudian, dipenuhi dari APBN sebesar Rp 6 miliar.

Beredar Pesan Berantai Denda Tak Pakai Masker di Semarang, Polisi: Itu Tidak Benar

Perangkat Desa Ancam Tak Akan Serahkan Bansos Covid-19 jika Warga Tak Beri Uang

Jessica Iskandar Klarifikasi Hubungannya dengan Richard Kyle Hingga Kakak Curhat Parasit

PDIP Rekom Gibran, Apakah Purnomo Bakal Loncat ke Partai Lain di Pilwakot Solo? Ini Jawaban Purnomo

"Kemarin dipenuhi Rp 6 miliar dari APBN. Kami tinggal menunggu dari APBN ada tambahan lagi atau tidak karena infonya ini baru tahap satu," kata Nanda, sapaan akrabnya usai Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Kerjasama Pilwakot Semarang 2020, Kamis (16/7/2020).

Nanda melanjutkan, anggaran dari APBN ini hanya difokuskan untuk penerapan protokol kesehatan antara lain pengadaan alat pelindung diri berupa masker, face shield, dan sarung tangan untuk petugas pilkada serta perlengkapan protokol kesehatan yang lain.

Di samping itu, anggaran tersebut juga digunakan untuk tes rapid petugas pilkada. Ini untuk memastikan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa penyelenggara pilkada sudah dinyatakan sehat.

"Kami fokuskan APBN hanya untuk protokol kesehatan. Kalau untuk pelaksanaan tahapan, termasuk kemarin ada penambahan TPS juga sudah kami kami penuhi. Total ada 3.447 TPS," urainya.

Pihaknya telah menandatangani MoU dengan gugus tugas penanganam Covid-19 Kota Semarang untuk bekerjasama mewujudkan pilkada yang aman dan sehat.

Selain itu, KPU juga bekerjasama dengan Polrestabes Semarang untuk pengamanan tahapan dan Kejaksaan Negeri Kota Semarang untuk tahapan-tahapan yang bersifat perdata. (eyf)

Uji Coba Operasional Hiburan Malam di Bandungan Dihentikan

Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun Resmi Bercerai, Sepakat Damai dan Saling Dukung

Ayu Dewi Beberkan Kebiasaan Luna Maya Saat Patah Hati

Diduga Sindir Richard Kyle, Kakak Jessica Iskandar Geram: Pengecut, Jangan Block WA-ku

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved