Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas

Dukung National Logistic Ecosystem, Pangkas Birokrasi Sektor Logistik

Percepat proses impor dan ekspor terutama sektor logistic di Indonesia, Bea Cukai Tanjung Emas dukung sosialisasi National Logistic Ecosystem

Editor: abduh imanulhaq
IST
Bea Cukai Tanjung Emas mendukung National Logistic Ecosystem 

TRIBUNJATENG.COM - Percepat proses impor dan ekspor terutama sektor logistic di Indonesia, Bea Cukai Tanjung Emas dukung sosialisasi National Logistic Ecosystem yang didakan Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Rabu (21/10).

Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring ini dibuka oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi.

Acara diselenggarakan bertujuan untuk deseminasi peraturan kepada seluruh Pegawai Bea Cukai untuk memberikan persepsi yang sama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

Hal tersebut berkaitan dengan terbitnya Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

National Logistic Ecosystem (NLE) merupakan program yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen baik internasional maupun domestik yang berorientasi pada kerjasama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logistik yang telah ada.

“NLE merupakan suatu terobosan lanjutan dari Kementerian Keuangan khusunya Bea Cukai dan termasuk LNSW yang diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat mengenai kebijakan yang harus dikeluarkan pemerintah dalam menangani proses bisnis di masa pandemi covid-19 ini,” tutur Heru Pambudi.

“Dengan adanya NLE diharapkan dapat membantu dan mempercepat proses impor dan ekspor terutama sektor logistic di Indonesia,” imbuh Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

National Logistic Ecosystem (NLE) dapat menjadi alat untuk momonitor janji layanan (SLA) yang ditetapkan dalam masing-masing peraturan perundangan, sekaligus sebagai alat kontrol kepatuhan dalam implementasinya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved