Breaking News:

Berita Kabupaten Pekalongan

Pemkab Pekalongan Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana

Status siaga darurat bencana ini ditetapkan selama 4 bulan sejak Bulan November sampai Bulan Februari

TribunJateng.com/Indra Dwi Purnomo
Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah menetapkan status siaga darurat bencana tanah longsor, angin kencang, dan banjir rakor evaluasi Covid-19 dan persiapan pendidikan tatap muka siswa SD SMP di Kabupaten Pekalongan, di aula Setda lantai 1, Rabu (2/12/2020) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah menetapkan status siaga darurat bencana tanah longsor, angin kencang, dan banjir.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo saat menyampaikan paparan rakor evaluasi Covid-19 dan persiapan pendidikan tatap muka siswa SD SMP di Kabupaten Pekalongan, di aula Setda lantai 1, Rabu (2/12/2020) siang.

"Pemkab sudah menetapkan status siaga darurat bencana, hal ini dalam menghadapi musim hujan tahun 2020/2021," kata Budi.

Status siaga darurat bencana ini ditetapkan selama 4 bulan sejak Bulan November sampai Bulan Februari.

"Status ini berlaku sejak November 2020 sampai Februari 2021," imbuhnya.

Menurut Budi, pihaknya sudah melakukan antisipasi di antaranya sudah memetakan potensi peta rawan bencana, berkoordinasi dengan TNI, Polri, serta relawan, dan menyiapkan logistik untuk kebencanaan.

"Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk antisipasi kesiap-siagaan, di antaranya melaksanakan rakor, terus memetakan daerah rawan bencana."

"Secara garis besar, wilayah Selatan Kabupaten Pekalongan rawan longsor. Sedangkan wilayah Utara rawan banjir," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan peralatan, personil, dan logistik untuk antisipasi bencana itu terjadi.

"Posko induk siaga ada di kantor BPBD, lalu untuk posko siaga bencana kecamatan, di masing-masing kecamatan. Terus, apabila terjadi bencana banjir besar, di kantor Kecamatan Wiradesa," tandasnya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved