Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas

Bea Cukai Tanjung Emas Raih Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi

Berbagai macam inovasi telah diwujudkan Bea Cukai Tanjung Emas untuk memaksimalkan pengawasan dan pelayanan.

IST
Piagam Penghargaan KPPBC TMP Tanjung Emas 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komitmen Wujudkan Reformasi Birokrasi, Bea Cukai Tanjung Emas berhasil dapatkan penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Senin (21/12/2020).

Tak hanya sekedar predikat WBK, namun penghargaan ini merupakan komitmen yang telah dibangun untuk mewujudkan Clean Government dan Good Governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin bahwa, “Jika integritas tidak dijaga, tentunya akan menghambat pertumbuhan ekonomi, daya saing, serta investasi.”

Berbagai macam inovasi telah diwujudkan Bea Cukai Tanjung Emas untuk memaksimalkan pengawasan dan pelayanan, baik melalui aplikasi mandiri maupun kebijakan dan strategi mutakhir.

Salah satu yang berdampak signifikan yakni Single Submission Joint Inspection Bea Cukai dan Karantina (SSm dan Joint Inspection), inovasi yang dicetuskan dalam rangka penerapan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistic Ecosystem/NLE) sejak 28 September 2020 atau sepekan setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani meluncurkan program ini.

SSm dan Joint Inspection dapat menekan angka Dwelling Time di Pelabuhan Tanjung Emas pada Januari 2019 tercatat 6.14 jam, lalu turun menjadi 4.71 pada Januari 2020, dan kini menjadi 2.88 pada September 2020. Pelaku usaha dapat dimudahkan dengan efisiensi waktu dan biaya.

Inovasi dan evaluasi terus dilakukan Bea Cukai Tanjung Emas dalam pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi, dibuktikan dengan diraihnya Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) tahun 2020 dengan predikat Sangat Puas melalui Indeks Kepuasan 4.52 dari skala 5, meningkat dari tahun 2019 dengan indeks kepuasan 4.25 dari skala 5.

“Perjuangan ini tidak hanya berhenti pada predikat WBK saja, namun kami akan terus berusaha berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar dapat mewujudkan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

Bea Cukai Tanjung Emas akan selalu berusaha dan meningkatkan kualitas performa, kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi didukung dengan sinergi bersama dengan seluruh stakeholder dan pengguna jasa, diharapkan mampu mewujudkan Indonesia Maju melalui reformasi birokrasi. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved