Breaking News:

Berita Regional

Ditemukan Benda Mirip Bagian Pesawat di Kotawaringin Barat, Diduga AirAsia QZ8501 yang Jatuh

Guna mendalami temuan benda logam menyerupai puing bangkai pesawat yang diduga milik AirAsia QZ8501, tim gabungan di bawah koordinasi Kantor Syahbanda

Editor: m nur huda
KOMPAS.com/DEWANTARA
Dua orang warga duduk di atas benda logam yang diduga serpihak pesawat. Serpihan ini ditemukan di kawasan Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (4/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PANGKALAN BUN - Guna mendalami temuan benda logam menyerupai puing bangkai pesawat yang diduga milik AirAsia QZ8501, tim gabungan di bawah koordinasi Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Kalimantan Tengah, bertolak ke lokasi, Senin (4/1/2021) malam. 

Kepala KSOP Kumai Capt Wahyu Prihanto mengatakan, tim gabungan yang berangkat terdiri dari personel Basarnas Pangkalan Bun, Polairud Polda Kalimantan Tengah, Koramil dan Polsek Kumai.

Selain itu, ada pula personel TNI AL dari Pos AL Kumai dan AURI Lanud Iskandar.

Baca juga: Wagub DKI Tegaskan Ojol Tak Lagi Dapat Bansos Tunai Rp 300 Ribu

Baca juga: Pesan Terakhir Chacha Sherly eks Trio Macan untuk Adik Sebelum Kecelakaan di Tol Semarang

Baca juga: Rencana Kepulangan Abu Bakar Baasyir, Akan Dikawal Densus 88 hingga Kopassus

Baca juga: Ada 3 Calon Kapolri yang Menguat, dari Ahli Bidang Reserse hingga Jago Humas

Mereka berangkat dari Pelabuhan Kumai dan markas Pos AL Kumai menggunakan dua buah speedboat berbeda sekira pukul 20.00 WIB. 

Waktu tempuh ke lokasi yang berada di Dusun Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, diperkirakan paling cepat tiga jam.

Kondisi cuaca sangat menentukan tinggi gelombang laut di kawasan perairan Pangkalan Bun yang merupakan bagian dari Laut Jawa ini.

"Semoga cuaca mendukung dan gelombang tidak terlalu tinggi," ucap Wahyu.   

Dia menerangkan, keberangkatan tim gabungan bertujuan memastikan kebenaran temuan warga Dusun Teluk Ranggau yang sempat beredar melalui media sosial. 

Wahyu yang sebelum memimpin KSOP Kumai pernah menjabat Kepala Sub Bagian Investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan, mengakui adanya kemungkinan benda logam berukuran besar tersebut merupakan puing pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata pada 2014 silam. 

"Tapi terlebih dahulu kita harus memastikan informasi ini bukan hoaks. Kalau sudah pasti ada temuan itu, baru kita selidiki apakah benda tersebut benar merupakan puing pesawat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved