Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

10 KRI TNI AL Dikerahkan Ke Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Panglima Koarmada I TNI AL, Laksamana Muda Abdul Rasyid mengatakan, ada 10 KRI untuk mencari pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakar

Editor: m nur huda
Kompas.com/Istimewa
Ilustrasi Maskapai Sriwijaya Air. (DOK SRIWIJAYA AIR) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Panglima Koarmada I TNI AL, Laksamana Muda Abdul Rasyid mengatakan, ada 10 KRI untuk mencari pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak.

Empat dari 10 KRI sudah menuju ke lokasi diduga pesawat Sriwijaya Air jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

“Untuk sementara KRI yang kami siapkan di darat saja ini ada 10,” ujar Rasyid, kepada wartawan di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (9/1/2021) malam.

Menurut Rasyid, satu KRI yaitu Kurau 856 sudah di sekitar lokasi.

Baca juga: Hasil Liga Italia, AC Milan vs Torino: Rossoneri Sukses Amankan Posisi Puncak Klasemen

Baca juga: Hasil Liga Spanyol, Osasuna vs Real Madrid: Los Blancos Gagal Ambil Peluang Lawan Tim Zona Merah

Baca juga: Hasil Liga Spanyol, Granada vs Barcelona: Lionel Messi Sukses Gilas Tuan Rumah dengan 4-0

Dia mengatakan, anggota TNI AL sudah melakukan pencarian.

“Tentunya sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder di wilayah perairan dan lokasi kejadian,” ujar Rasyid.

Ia mengatakan, seluruh anggota TNI AL akan melakukan pencarian secara maksimal. Komando pencarian, lanjut Rasyid, akan dilakukan di bawah Basarnas.

Sebelumnya, Badan SAR Nasional (Basarnas) menduga lokasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Menurut Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji, pihaknya menerima pesawat Sriwijaya Air hilang kontak, sekitar pukul 14.55 WIB, Sabtu (9/1).

"Posisi pesawat setelah lost contact itu berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang kurang lebih jaraknya sekitar 1,5 sampai dengan 2 mil," kata Suryo, saat memberikan keterangan pers, Sabtu (9/1/2021).

Bambang menuturkan, lokasi tersebut berjarak sekirat 3 mil dari pesisir Tanjung Kait, Tangerang.

Ia mengatakan, Basarnas telah mengerahkan kapal dan sea-rider menuju lokasi pesawat tersebut diduga jatuh setelah mendapat informasi hilang kontak pada pukul 14.55 WIB siang tadi.

"Kapal maupun sea-rider sudah kami berangkatkan setelah mendapat informasi tersebut kami berangkatkan menuju ke titik lokasi yang diduga pesawat itu jatuh," ujar Bambang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TNI AL Kerahkan 10 KRI Cari Pesawat Sriwijaya Air, 4 Kapal Sudah ke Lokasi Pencarian.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved