Breaking News:

Berita Jateng

Menteri Nadiem Isyaratkan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dibuka, Apakah Jateng Siap?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengisyaratkan memperbolehkan membuka sekolah untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM).

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: galih permadi
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengisyaratkan memperbolehkan membuka sekolah untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM).

Mendikbud, Nadiem Makarim mendorong pemerintah daerah segera membuka PTM di sekolah. Ia khawatir terjadi learning loss pada peserta didik.

Learning loss yakni fenomena pada satu generasi yang kehilangan kesempatan menambah ilmu karena ada penundaan proses belajar mengajar.

PTM diberlakukan terutama di sekolah yang sulit melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Tatap muka juga harus dilakukan dengan protokol kesehatan dan dengan kapasitas separuh.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah, Muhdi, menuturkan berdasarkan survei yang dilakukannya, sekolah sudah siap melakukan belajar tatap muka ketika Kemendikbud mewacanakan sekolah dibuka 1 Januari 2021.

Kesiapan yang dimaksud yakni dengan menyiapkan sarana dan prasarana untuk kepentingan protokol kesehatan serta skema yang akan dipakai.

"Sekolah sudah siap sebetulnya, tetapi begitu ditunda lagi, mereka drop lagi. Saat ini tidak ada persiapan, karena tidak ada kepastian," kata Muhdi, Selasa (26/1/2021).

Ditambah lagi ketika ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), konstelasi berubah lagi.

Padahal sebelumnya, beberapa kabupaten/kota semangat dan gigih ketika PTM akan dimulai. Mereka menyiapkan persyaratan protokol kesehatan sedemikian rupa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved