Breaking News:

Penanganan Corona

Cegah Penyebaran Covid-19, Perpusda Temanggung Layani Peminjaman Buku Tanpa Sentuh

Setelah ditutup kurang lebih 9 bulan, pelayanan peminjaman buku kembali dibuka dengan metode peminjaman tanpa sentuh (patuh)

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Temanggung membuat terobosan baru dalam melayani peminjaman buku di tengah pandemi Covid-19.

Setelah ditutup kurang lebih 9 bulan, pelayanan peminjaman buku kembali dibuka dengan metode peminjaman tanpa sentuh (patuh).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung, Suminar Budi mengatakan, pelayanan di Perpusda sudah tutup sejak Maret 2020 lalu.

Artinya, 9 bulan lebih Perpusda tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan buku bacaan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Kini, Perpusda membuka kembali pelayanan dengan metode tanpa sentuh melalui by Whatsapp. Metode ini diharapkan dapat meminimalisir sentuhan antara peminjam dengan petugas supaya terhindar dari paparan corona.

"Metode ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan perpustakaan. Layanan ini bisa dimaksimalkan dengan Whatsapp, kemudian buku disediakan dan bisa diambil setelah dipersiapakan oleh petugas," terangnya, Selasa (2/2/2021).

Selain itu, kata Suminar, pihaknya juga menyediakan dua boks desinfektan buku dengan memaksimalkan sinar ultra violet (VU). Alat tersebut dinamakan SterilngeSA berupa box UV sterilisasi yang berfungsi menonaktifkan virus dan bakteri maksimal 40 menit.

Alat tersebut berfungsi menyeterilisasi buku yang hendak dipinjam dan buku yang dikembalikan dari peminjam.

"Masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan online di Whatsapp 082135344434. Bisa tanya-tanya langsung dengan panduan operator pelayanan, begitu buku yang diinginkan tersedia, operator akan menjadwalkan pengambilan bukunya," ujarnya.

Rizkiana (29) admin pelayanan online menambahkan, melalui aplikasi WA, calon peminjam mendapatkan kiriman link katalog Perpusda online untuk mempermudah masyarakat mencari buku yang diinginkan. 

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved