Breaking News:

Berita Karanganyar

Kisah Penjual Benalu Teh di Kemuning Karanganyar, Awalnya Tak Tahu Ada Khasiatnya

Adit sapaan akrabnya baru mengetahui tumbuhan yang dianggap liar itu memiliki khasiat setelah diberitahu oleh tetangganya. Di pekarangan rumahnya semu

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Adit saat memilah daun benalu teh kering di rumahnya Ngadirejo RT 5 RW 2 Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Aditiya Dwi Saputra (24) warga Ngadirejo RT 5 RW 2 Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, semula tidak tahu ternyata benalu teh yang tumbuh di pekarangan rumahnya dipercaya memiliki khasiat. 

Adit sapaan akrabnya baru mengetahui tumbuhan yang dianggap liar itu memiliki khasiat setelah diberitahu oleh tetangganya. Di pekarangan rumahnya semula tumbuh tiga pohon teh tapi satu pohon tumbang belum lama ini. 

"Awalnya itu malah yang tahu tetangga. Zaman dahulu itu kan orang tua sering menggunakan untuk obat herbal. Pertama yang mencoba itu ibu saya, kan punya penyakit miom seperti ada benjolan. Dirujuk ke rumah sakti daerah Solo (2017), dan diminta operasi. Ibu saya tidak mau.

Dari tetangga disarankan pakai herbal, dicoba dulu seminggu rutin (minum benalu teh). Sehari tiga kali," katanya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (13/2/2021). 

Seusai rutin minum air rebusan teh benalu, ternyata benjolan yang diderita ibundanya berangsur mengecil.

Dia menceritakan, setelah diperiksakan kembali ke dokter ternyata benjolannya mengecil.

Akhirnya dokter menyarankan supaya rutin minum ramuan benalu teh tersebut. 

Adit menuturkan, dalam ramuan itu selain ada beberapa lembar daun benalu teh juga ada campuran kulit mangkis kering dan daun lainnya.

Disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Disarankan ramuan tersebut tidak perlu dicampur dengan gula. 

"Sekarang sudah tidak terjadi apa-apa (tidak ada benjolan). Sekarang ibu masih minum tapi tidak rutin seperti dulu. Paling seminggu atau sebulan sekali," ucap pemuda 24 tahun itu. 

Halaman
123
Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved