Breaking News:

Liputan Khusus

Update Terbaru Pro Kontra Pengembangan Vaksin Nusantara di Semarang

Update Terbaru Pro Kontra Pengembangan Vaksin Nusantara di Semarang. Liputan Khusus Tribun Jateng terkait vaksin nusantara

tribunjateng/faizal m affan
Lorong bangsal di RSUP dr Kariadi Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Beberapa hari terakhir ini vaksin nusantara menjadi perbincangan publik. Vaksin yang dikembangkan oleh Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto ini seolah menjadi harapan besar dan kebanggan akan hadirnya vaksin karya anak bangsa.

Vaksin ini dikembangkan Terawan bersama Aivita Biomedical Corporation AS, Undip dan RSUP dr Kariadi Semarang. Tribun Jateng menelusuri keberadaan laboratorium di RSUP dr Kariadi untuk melihat lebih dekat aktivitas pengembangan vaksin nusantara.

Di Kariadi terdapat dua laboratorium. Laboratorium yang ada di gedung berwarna kuning digunakan untuk tempat perkuliahan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, sedangkan laboratorium lainnya yang berada di depan ruang ICU digunakan untuk pelayanan pasien selama 24 jam.

Kemudian tim Tribun Jateng mencoba menghubungi Humas RSUP Dr Kariadi Semarang. Maksud dan tujuannya, untuk memastikan informasi apakah benar penelitian tersebut dilakukan di rumah sakit yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan itu.

Humas tersebut, Kamis (11/3) menjawab akan konsultasi terlebih dulu kepada atasannya. Sesaat kemudian Humas menerangkan bahwa untuk saat ini belum bisa wawancara terkait vaksin nusantara dimaksud.

"Mas info dari atasanku saat ini belum bisa wawancara dulu... Nuwun," tulis WA itu kepada tim Tribun Jateng. Hari berikutnya, 12 Maret, wartawan Tribun Jateng mengunjungi lagi RSUP dr Kariadi.

Saat berada di lokasi, tim melihat ada gedung berwarna kuning bertuliskan Laboratorium Regional Avian Influenza dan Laboratorium Mikrobiologi Molekuler, Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Undip Komplek Zona Pendidikan.

Ada seorang wanita mengaku sebagai mahasiswa kedokteran sedang menjalani masa kuliah di gedung tersebut. "Iya ini laboratorium tempat kuliah kami," kata wanita itu.

Lalu wanita tersebut coba kami tanya terkait lokasi penelitian Vaksin Nusantara. Namun, pihaknya tidak tahu menahu terkait penelitian vaksin di RSUP Dr. Kariadi Semarang. "Saya tidak tahu kalau itu. Coba tanyakan ke dokter yang ada di sini," terangnya.

Ada pria mengenakan batik, lengkap dengan id card berlogo RSUP Dr. Kariadi di dadanya. Ketika ditanyakan soal lokasi lab di RSUP Dr Kariadi Semarang, pria tersebut menjawab hanya ada dua lokasi. Yang pertama laboratorium untuk perkuliahan mahasiswa Kedokteran Undip, dan satunya lagi berada di depan ruang ICU.

Halaman
1234
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved