Breaking News:

Ramadhan 2021

Berikut Syarat Menggelar Buka Bersama Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Menutut Kemenag

Ibadah wajib dan sunah di bulan Ramadan 1442 H seperti salat fardu lima waktu, salat tarawih, tadarusan, kultum, dan buka puasa bersama diperbolehkan.

Istimewa
Kepala Kemenag Kajen Kasiman Mahmud Desky. 

Penulis : Indra Dwi Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Ibadah wajib dan sunah di bulan Ramadan 1442 H seperti salat fardu lima waktu, salat tarawih, tadarusan, kultum, dan buka puasa bersama diperbolehkan digelar di masjid.

Syaratnya, jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Kemenag Kajen Kasiman Mahmud Desky mengatakan, Menteri Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: SE. 03 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan Dan Idul Fitri Tahun 1442 H/2021.

Dalam SE itu di antaranya disebutkan, sahur dan buka bersama dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Mataram, Ramadhan Hari ke-1, Rabu 14 April 2021

Baca juga: APTRI Desak Pemerintah Naikkan HPP dan HET Gula Petani

Baca juga: Tribun Forum: Bandara Ngloram Sebagai Gerbang Investasi Blora

"Kegiatan buka bersama diperbolehkan, namun harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran. Paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan."

"Bukber boleh di rumah makan, namun kapasitasnya harus 50 persen dari ruangan di rumah makan itu. Prokes harus dipatuhi seperti cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan," kata Kepala Kemenag Kajen Kasiman Mahmud Desky saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (13/4/2021).

Dikatakan, dalam SE itu dinyatakan jika pengurus masjid/musala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah.

Di antaranya, salat fardu lima waktu, salat tarawih dan witir, tadarus Alquran, dan iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas masjid/musala.

"Protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan ketat, menjaga jarak aman 1 meter antarjamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah/mukena masing-masing," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved