Breaking News:

Berita Pati

Antisipasi Warga yang Nekat Mudik, Polres dan Pemkab Pati Siapkan Tes Antigen di Perbatasan

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pati bersama Kodim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mulai melakukan persiapan jelang lebaran.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Idulfitri di masa pandemi Covid-19 di Mapolres Pati, Rabu (21/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pati bersama Kodim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mulai melakukan persiapan jelang lebaran.

Persiapan yang dilakukan terutama untuk mencegah persebaran Covid-19. Mengingat pandemi belum berakhir.

Satu di antara upaya yang dilakukan ialah menyiapkan pos pengamanan di perbatasan. Warga yang nekat pulang akan dites antigen secara selektif.

Hal itu diungkapkan Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat usai mengikuti konferensi video rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Idulfitri di masa pandemi Covid-19 di Mapolres Pati, Rabu (21/4/2021).

“Kami memang telah menyiapkan empat pos pengamanan, yakni di Pasar Puri, terminal, depan PT Dua Kelinci, dan di Kecamatan Batangan,” terang dia.

Pos tersebut berfungsi untuk melakukan pengamanan dan penyekatan.

Namun, penyekatan yang dimaksud bukan untuk memutarbalikkan pemudik, melainkan melakukan pengecekan selektif dan prioritas pada warga yang datang dari luar Pati dengan tes antigen.

“Bila ada yang dinyatakan reaktif akan kami rujuk ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dan desa di mana yang bersangkutan menetap dan mudik. Sehingga, bisa terpantau bagi yang reaktif untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah sehingga potensi penyebaran Covid dapat diminimalisasi,” papar dia.

AKBP Arie menyebut, pihaknya telah menyiapkan 324 personel untuk pengamanan lebaran. Jumlah tersebut belum termasuk tambahan personel dari TNI maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kami juga telah meminta ke Bupati melalui Wakil Bupati untuk penyediaan tenaga kesehatan di tiap pos yang ada. Karena untuk melakukan pengecekan tentu butuh tenaga kesehatan,” ucap dia.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved