Breaking News:

Kendal Beribadat

Kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Kendal akan menjadi laboratorium pusat inovasi di Jawa Tengah

Berbenah menjadi smart city dan wujudkan Kendal sebagai Pusat Industri, Bupati Kendal Dico Ganinduto melakukan penandatangan MoU

Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Kendal akan menjadi laboratorium pusat inovasi di Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL  - Berbenah menjadi smart city dan wujudkan Kendal sebagai Pusat Industri, Bupati Kendal Dico Ganinduto melakukan penandatangan MoU dengan berbagai perguruan tinggi.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perguruan tinggi sebagai wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kendal. Selain itu, kerjasama tersebut bertujuan untuk mempersiapkan SDM 4.0 dan infrastruktur untuk mendukung pengembangan industri serta pariwisata di Kabupaten Kendal.

“Menuju Kendal Smart City, kemajuan revolusi industri 4.0 harus dibangun” ujar Dico Ganinduto. Dengan adanya kemitraan bersama perguruan tinggi tersebut diharapkan Kabupaten Kendal akan menjadi laboratorium inovasi dan menjadi lokus penelitian dari perguruan tinggi.

Salah satu yang menjadi fokus dalam kerjasama tersebut adalah pengembangan pusat Aeromodelling/Drone di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal.

Menggandeng Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, nantinya Desa Sumbersari akan menjadi Desa Wisata Aeromodelling/Dronepolis di Kabupaten Kendal. Konsep Dronepolis akan menjadi konsep Pengembangan Kawasan Laboratorium Industri Drone pertama di Jawa Tengah.

Saat ini sudah ada rintisan laboratorium pengembangan drone yang sudah didukung dengan adanya run away serta perakitan pesawat Aeromodelling di Pondok Pesantren Al Ma’wa di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel.

Selain kerjasama di bidang teknologi drone, Bupati Kendal juga melakukan kerjasama pengembangan laboratorium sosial dalam mengembangkan desa wisata di Kabupaten Kendal. Nantinya, desa-desa potensial di Kabupaten Kendal akan mendapatkan pendampingan melaui lokakarya UMKM, penelitian, dan penerapan teknologi. Perguruan tinggi lain yang bekerjasama diantaranya UNISBANK, STIEPARI, dan UNAKI. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved