Breaking News:

Penanganan Corona

Efektifitas Vaksin AstraZeneca, Sinovac, dan Pfizer Melawan Varian Delta, Mana yang Lebih Ampuh?

Virus corona varian delta menjadi perhatian serius, karena hasil tes laboratorium menunjukkan, varian delta lebih menular dibanding varian Covid-19.

Editor: rival al manaf
IST
Salah satu pegawai Unsoed memperoleh vaksinasi covid-19 

TRIBUNJATENG.COM - Virus corona varian delta menjadi perhatian serius, karena hasil tes laboratorium menunjukkan, varian delta lebih menular dibanding varian Covid-19 lainnya.

Selain itu, Public Health England menemukan, bahwa varian Delta tampak dua kali lebih mungkin menyebabkan rawat inap dibandingkan varian Alpha.

Kendati demikian, sebagian besar dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah mereka yang belum divaksinasi dan tidak memiliki antibodi penawar untuk melindungi diri dari virus.

Menurut para ahli, salah satu upaya yang harus dilakukan untuk perlindungan dan mencegah penyebaran varian delta adalah dengan percepatan vaksinasi Covid-19.

Meski vaksin Covid-19 tak bisa mencegah seseorang dari infeksi Covid-19 varian apa pun, setidaknya vaksin bisa menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid-19.

Lalu, seberapa efektif vaksin Covid-19 terhadap virus corona varian delta? Berikut penjelasannya.

1. Vaksin Pfizer-BioNTech

Sebuah studi nyata yang dilakukan oleh Public Health England menunjukkan, bahwa dua dosis vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech efektif dalam mencegah rawat inap, karena varian Delta (B.1.617.2), yang pertama kali dideteksi oleh para ilmuwan di India.

Selain menyebabkan lonjakan kasus dan angka kematian akibat Covid-19 di India, varian Delta juga telah menjadi jenis virus corona yang dominan di Inggris dan berbagai Negara lain, termasuk di Indonesia.

Mereka yang telah menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech, 96% terhindar dari rawat inap tanpa kematian.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved