Breaking News:

Kisah Inspiratif

Kisah Inspiratif : Ratusan Santri As Surkati Rutin Donor Plasma Konvalesen Jadi Lumbung Donor Plasma

Santri Ponpes As-Surkati Kota Salatiga saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kota Solo beberapa hari lalu.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: Catur waskito Edy
Ustad Ayat
Seorang santri Ponpes As-Surkati Kota Salatiga saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kota Solo. 

TRIBUNJATENG.COM  -- Santri Ponpes As-Surkati Kota Salatiga saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kota Solo beberapa hari lalu.

Pesantren ini mengerahkan santri dan pengasuh untuk donor plasma secara rutin demi membantu sesama.

November 2020 banyak santri di Pesantren As-Surkati Salatiga dinyatakan positif Covid-19. Kemudian mereka menjalani isolasi di pesantren tersebut.

Alhamdulillah, Desember semua dinyatakan sembuh. Dan sejak Febrruari ratusan santri rutin melakukan donor darah konvalesen untuk bantu sesama.

Tentunya ini menjadi contoh yang baik ditunjukkan Pondok Pesantren As-Surkati di Jalan Diponegoro no 115, Kecamatan Sidorejo Lor, Kota Salatiga.

Pesantren itu mengerahkan santri dan pengasuhnya untuk donor plasma konvalesen.

Hal ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, sekaligus mengubah imej negatif, dimana November 2020 silam, banyak santri di ponpes ini yang dinyatakan positif, penyumbang cukup banyak kasus Covid-19 di Kota Salatiga.

Sebanyak 209 santri dan pengajar pondok pesantren tersebut pernah positif Covid-19. Untungnya, tidak ada diantara mereka meninggal dunia.

Waktu itu para santri diminta melakukan isolasi mandiri. Kemudian Desember 2020 mereka semua dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Kini mereka yang pernah positif (penyintas) dengan suka rela menjadi pendonor plasma konvalesen. Dimana plasma konvalesen sangat dibutuhkan pasien covid yang sedang kritis.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved