Breaking News:

Berita Karanganyar

Turut Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenag Karanganyar Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah

Kemenag Kabupaten Karanganyar mengimbau kepada masyarakat supaya menjalankan salat Iduladha 1442 Hijriyah di rumah masing-masing.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar mengimbau kepada masyarakat supaya menjalankan salat Iduladha 1442 Hijriyah di rumah masing-masing.

Imbauan tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, salat Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban tahun 1442 H di wilayah PPKM darurat.

Selain itu, Kemenag Karanganyar juga mengimbau supaya penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) guna menghindari kerumunan.

Baca juga: Mahasiswa di Kota Tegal Ajukan Protes: Tolak Perpanjangan PPKM Darurat, Minta Bansos Dipercepat 

Baca juga: Ibu-ibu Desa Karangnangka Banyumas Dilatih Jadi Nakes Dadakan, Bantu Warga yang Isolasi Mandiri

Baca juga: Hari Raya Iduladha, Ketua DPRD Jepara Tebar Hewan Kurban 18 Kambing Merata di Semua Kecamatan

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menyampaikan, kaitannya dengan penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban bersifat imbauan.

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan di RPH serta pelaksanaannya dapat dilakukan selama tiga hari setelah salat Idul Adha.

"Saya menghimbau seluruh umat islam di Kabupaten Karanganyar. Untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing. Penyembelihan hewan kurban untuk menghindari, ya penyembelihannya tanggal 11, 12, 13 dzulhijjah," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (19/7/2021). 

Lanjutnya, terkait pembagian hewan kurban dapat dilakukan dengan cara diantar langsung ke rumah-rumah warga.

Dia mengungkapkan, apabila penyembelihan tidak dapat dilakukan di RPH, masyarakat minta supaya menerapkan protokol kesehatan saat penyembelihan hewan kurban. 

Terpisah, Kasi Kesehatan Hewan Dispertan PP Karanganyar, Hartono mengatakan, ada tiga RPH dibawah binaan dinas yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Tiga RPH itu berada di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Gondangrejo dan Kecamatan Karangpandan. 

Dia menjelaskan, tiga RPH itu tidak dapat menampung pemotongan hewan kurban secara keseluruhan di Karanganyar karena tenaga yang terbatas dan lokasi RPH yang kecil.

Baca juga: Chord Gitar Hari Yang Cerah Tuk Jiwa Yang Sepi Peterpan

Baca juga: Chord Kunci Gitar Terry Hanyalah Tuhan Saja Bisa

Baca juga: Chord Kunci Gitar Kehadiran Cinta Thomas Arya

Dia mencontohkan, RPH Karanganyar hanya dapat menampung 7-8 ekor sapi dan RPH Gondangrejo paling 10 ekor sapi per hari.

"Di RPH Karanganyar paling 7-8 ekor per hari. Jadi tidak mampu secara keseluruhan. Paling hanya (permintaan) 1-2 masjid di dekat RPH," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved