Breaking News:

Wisata Jateng

Kue Cucur Khas Tegal, Rasanya Manis Ada Gurihnya, Dijamin Bikin Ketagihan

Kue cucur, jajanan yang memiliki cita rasa manis dan gurih secara bersamaan ini cukup diminati masyarakat bahkan sampai sekarang.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: moh anhar

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bagi anda penikmat jajanan tradisional khususnya di wilayah Kabupaten Tegal pasti tidak asing dengan kue cucur, jajanan yang memiliki cita rasa manis dan gurih secara bersamaan ini cukup diminati masyarakat bahkan sampai sekarang.

Meski tergolong jajanan yang langka karena sudah jarang yang menjual, namun di Kabupaten Tegal terdapat sentra pembuat jajanan tradisional atau yang lebih dikenal dengan nama Jajanan Teles (Jales).

Lokasinya berada di RT 15 RW 06, Kelurahan Slawi Wetan, Kabupaten Tegal.

Warga di sana mayoritas berprofesi sebagai pembuat makanan tradisional khas Tegal.

Salah satunya kue cucur ini.

Baca juga: Wabup Safin: Pati Punya Potensi, Anak Muda Harus Promosikan Daerah di Media Sosial

Baca juga: Selama Pandemi, Apindo Kudus Yakini Belum Ada Anggotanya yang Merumahkan Karyawan

Baca juga: 6 Tahun Lalu Yusra Mardini Berenang 3 Jam di Lautan untuk Selamatkan Diri, Kini Jadi Atlet Olimpiade

Baca juga: Pemerintah Indonesia Datangkan Lagi 21,2 Juta Dosis Bahan Baku Sinovac, Percepat Ketahanan Komunal

Tribunjateng.com berhasil menemui dua orang pembuat kue cucur yang masih eksis sampai sekarang, yaitu Taryuni dan Karoso.

Menceritakan pengalamannya, Taryuni membuat dan memasarkan kue cucur sudah sejak 13 tahun silam.

Berbekal dari pengalamannya yang sudah cukup lama, pada proses produksi kue cucur kendala yang biasa ditemui seperti adonan yang tidak pas, bisa gula, tepung, dan lain-lain.

"Kue cucur di daerah lain mungkin juga ada, tapi kalau yang saya buat ini lebih menonjol rasa manis dan gurihnya. Karena kan saya pakai gula pasir dan gula merah (gula jawa) juga. Selain itu, saat menggoreng juga ada tekniknya, takaran harus pas supaya ukuran sama tidak terlalu besar dan kecil, selain itu untuk membuat bentuk "keriting" pada bagian pinggir kue juga ada tekniknya. Di Tegal termasuk jajanan yang sudah langka, tapi ya peminat nya masih banyak," jelas Taryuni, pada Tribunjateng.com, Senin (26/7/2021). 

Dalam proses membuat kue cucur tidak membutuhkan waktu yang lama, setelah adonan tepung beras, terigu, gula pasir, gula merah, dan lain-lain tercampur, kemudian digoreng menggunakan alat bantu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved