Breaking News:

PPKM Level 4

BERITA LENGKAP : Dana Bantuan Pariwisata Rp 2,4 Trilun Segera Cair, Ini Penjelasan Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima bantuan dana pemulihan ekonomi (PEN)

IST
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Candirejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (4/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima bantuan dana pemulihan ekonomi (PEN) untuk sektor pariwisata sebesar Rp 2,4 triliun.

Ia memastikan dana tersebut segera didistribusikan kepada para pelaku sektor parekraf yang terdampak covid-19.

“Terkait bantuan PEN, pagu anggaran Rp 2,4 triliun sudah diberikan, dan (akan didistribusikan-Red) setelah kami melakukan kordinasi dan beberapa langkah konsolidasi dan juga arahan presiden untuk menyederhanakan proses,” katanya, dalam Weekly Press Briefing, Senin (2/8).

Sandiaga menuturkan, Presiden, menginstruksikan untuk mempercepat penyaluran dana bantuan itu dan tidak sampai terhenti oleh birokrasi.

“Presiden berpesan agar jangan sampai petunjuk pelaksanaan, malah justru semakin merumitkan dan mengakibatkan tertundanya program ini, tapi justru harus menyederhanakan,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah berkordinasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) untuk penyaluran dana tersebut.

Ia berharap, penyaluran dana bantuan pariwisata tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Untuk tahap ini, terdapat beberapa program penyaluran, antara lain Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Bangga Buatan Indonesia (BBI), sertifikasi Cleanliness, Healthy, Safety, Environmental Sustainability (CHSE), pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk subsector film, dukungan akomodasi hotel bagi tenaga kesehatan, serta Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pemerintah (BPUP).

Sandiaga mengungkapkan, saat ini dukungan akomodasi hotel khusus untuk tenaga kesehatan terus berjalan, dan saat ini suratnya telah masuk ke KPC PEN.

“Khusus untuk tenaga kesehatan saat ini suratnya telah masuk ke KPC PEN dan tahap berikutnya jumlahnya Rp 300 miliar, sudah kami ajukan dan kami menunggu realisasi dari teman-teman di KPC PEN. Tapi komitmennya ini bisa didahulukan untuk saudara kita di garda depan, yaitu tenaga kesehatan,” jelasnya.

Sandiaga menyebut, bantuan dana PEN untuk sektor pariwisata ini tahun lalu memang dijalankan dengan konsep dana hibah. Namun, atas masukan KCP PEN, dana tersebut diarahkan untuk diberikan kepada usaha-usaha, khususnya di sektor pariwisata agar tidak terjadi PHK kepada karyawan.

“Atas masukan teman-teman di PEN, mengarahkan kami untuk memberikan bantuan ke usaha-usaha, agar tidak mem-PHK karyawan.

Jadi bukan hanya diberikan kepada sektor hotel dan restoran saja, tapi harus ada penyelarasan dengan data yang didapat dari para kepala dinas, baik provinsi maupun kabupaten/kota,” terangnya. (Kompas.com/Kiki Safitri)

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Manufaktur Indonesia Juli Sebesar 40,1, Anjlok dari sebelumnya sebesar 53,5

Baca juga: Keluarga Akidi Tio Bantah Bantuan Rp 2 Triliun Hoaks, Suami Heriyanti: Uangnya Ada di Bank Singapura

Baca juga: PMI Sebut Biaya Donor Plasma Konvalesen Rp 2,25 Juta Per Kantong

Baca juga: Anisa Rahma Merasa Dapat Ilham saat Sulit

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved