Breaking News:

Kendal Beribadat

Bupati Kendal Dico Ganinduto Dampingi Gubernur Ganjar Hadiri Pelepasan Merdeka Ekspor 2021

Presiden Joko Widodo meresmikan Pelepasan Merdeka Ekspor 2021, Sabtu (14/8/2021).

Editor: abduh imanulhaq
PEMKAB KENDAL
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Dico M. Gunindito menghadiri peresmian Pelepasan Merdeka Ekspor 2021 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL – Mendorong produktivitas pertanian untuk ketahanan pangan dan mamacu ekspor dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, Presiden Joko Widodo meresmikan Pelepasan Merdeka Ekspor 2021, Sabtu (14/8/2021).

Total nilai ekspor seluruh Indonesia mencapai 7,29 triliun.

Jawa Tengah menyumbang ekspor hasil pertanian dengan nilai mencapai 400,57 miliar ke 36 negara.

Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan komoditas Jawa Tengah cukup tinggi bahkan bisa mencapai Rp 400 miliar lebih.

Lebih lanjut dengan melihat tingginya hasil hortikultura, pihaknya mengusulkan Pelabuhan Semarang menjadi pelabuhan hortikultura.

”Saya minta agar Pelabuhan Semarang ini dijadikan pelabuhan hortikultura, tinggal menunggu tanda tangan dari menteri. Dengan cara itu, harapan kita nanti produk pertanian bisa diekspor dari sini. Termasuk nanti agar bisa dilakukan pelebaran. Kendal jika industri sudah jalan tentunya akan mengarah ke sini termasuk pelabuhan yang ada di sana,” jelas Ganjar Pranowo.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan Pemerintah Kabupaten Kendal mulai saat ini telah fokus memperhatikan dalam membantu sektor pertanian.

Termasuk juga telah menjalin dengan pihak lain untuk berinvestasi.

“Kita ada beberapa hasil yang saat ini sudah masuk ekspor seperti pala dan kopi dari Sukorejo. Porang yang saat ini sudah mulai cukup berkembang. Sisanya kita tinggal dukung para petani terutama di bidang alat untuk mencari investor agar hasilnya nanti bisa berupa chip dan lebih tinggi harga jualnya,” jelas Dico M. Ganinduto.

Guna meningkatkan ekspor, Bupati Kendal akan terus melakukan percepatan pembangunan Pelabuhan Kendal dengan melakukan komunikasi kepada pemerintah pusat agar ekspor bisa dilakukan dari Kendal.

Beberapa hasil dari petani Jawa Tengah yang diekspor di antaranya hasil perkebunan seperti pala, biji kopi, minyak sawit, gula merah, dan karet lembaran.

Di sektor tanaman pangan terdiri dari edamame, porang, kacang hijau, dan tepung jagung.

Komoditas berikutnya dari sektor hortikultura seperti daun pakis dan ruskus, okra, dried taro leaf, bonsai, bunga melati, kapulaga, kunyit, dan daun cincau. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved