Breaking News:

Berita Pendidikan

USM Bersiap Buka Program Studi Magister Ilmu Pangan

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) bersiap membuka program baru yakni Magister Ilmu Pangan.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
DOKUMENTASI HUMAS USM
Tangkapan layar Prof Anang M Legowo (kiri) dari Program Studi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro (Undip) saat berbicara pada lokakarya persiapan pembukaan program baru di USM. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) bersiap membuka program baru yakni Magister Ilmu Pangan.

Untuk persiapan dan sebagai bekal pembukaan program baru, USM menggelar lokakarya secara virtual pada Rabu (25/8/2021).

Rektor USM, Andy Kridasusila menuturkan, di era revolusi industri 4.0 dan kesiapan untuk menghadapi era revolusi industri kelima, yang sangat diperlukan untuk sebuah negara adalah terkait dengan ketahanan pangan, ketahanan energi, dan air.

Baca juga: Curhat Sopir Ambulans yang Salip Mobil Presiden, Sempat Takut hingga Lihat Reaksi Pak Jokowi

Baca juga: Jumat Besok Liga 1 Kick Off, Pemain PSIS Diminta Bisa Lebih Fokus

Baca juga: Reaksi Yosef Setelah Mayat Tuti dan Amalia Ditemukan Ditumpuk di Bagasi, Keluarga Besar Terkejut

"Terkait ketahanan pangan di Indonesia dengan jumlah penduduknya sekitar 270 juta, yang merupakan urutan ke-4 terbesar di dunia, hal ini sangat membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Sehingga peranan perguruan tinggi menjadi sangat penting," kata Andy, melalui siaran tertulis, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, dengan program studi baru tersebut, diharapkan bisa memberikan sumbangsih dan memberikan kontribusi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

Terutama terkait dengan pangan, sehingga ketahanan pangan di Indonesia akan tetap terjaga dan memunculkan eksistensi yang berkelanjutan untuk bisa bersaing terutama di tingkat nasional.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian USM, Haslina menyampaikan, lokakarya penyusunan kurikulum ini untuk mendukung pendirian Program Studi Magister Ilmu Pangan.

"Program studi baru ini guna mencetak lulusan yang kompeten, unggul, mandiri, profesional, dan mampu mengikuti tuntutan perkembangan iptek di bidang pangan baik di tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Selain itu, lokakarya juga untuk menghasilkan dokumen kurikulum yang sesuai dengan renstra jurusan dan fakultas dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan standar Pendidikan Tinggi Kemendikbud No.3 Tahun 2020.

Ketua tim penyusunan kurikulum Program Studi Magister Ilmu Pangan USM, Bambang Kunarto menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan di bidang pangan dan inovasi produknya harus dilakukan secara terus-menerus, seiring dengan ketatnya persaingan di antara produk-produk pangan dari dalam dan luar negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved