Breaking News:

Berita Semarang

Perkuat Ekosistem Kewirausahaan, AKS Ibu Kartini Jalin Kerja Sama dengan Dunia Usaha dan Industri

Perguruan tinggi vokasi Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu kartini Semarang mendatangani perjanjian kerja sama dengan industri dan dunia kerja.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
Dokumentasi AKS
Direktur AKS Ibu Kartini, Mien Zyahratil Umami (kiri) menandatangani kesepakatan dengan dunia usaha dan industri untuk pengembangan SDM mahasiswa. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Perguruan tinggi vokasi Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu kartini Semarang mendatangani perjanjian kerja sama dengan industri dan dunia kerja (iduka).

Kerja sama ini merupakan kegiatan awal dalam Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dihadiri sebanyak 15 iduka yang terdiri dari bidang kuliner, busana atau fesyen dan rias.

Baca juga: Fokus : Branding Pasar Johar

Baca juga: Kisah Pasran, Lelaki 79 Tahun yang Bikin Rumah Di Kuburan, Betah Tinggal Seorang Diri Bertahun-Tahun

Baca juga: Kontraktor Akhirnya Perbaiki Talut yang Hancur Dipukul Tangan Kosong Anggota Dewan Banjarnegara

Direktur AKS Ibu Kartini, Mien Zyahratil Umami menuturkan, kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat menjadi penggerak dalam upaya melaksanakan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

"Ini juga menjadi motivasi dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki softskill mapupun hardskill sebagai bekal mejadi wirausaha yang professional," ucap direktur, dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Ia menjelaskan, partisipasi dari industri dan dunia kerja dalam kegiatan kewirausahaan yaitu dalam melaksanakan penyusunan buku pedoman pembelajaran berbasis kewirausahan yang terintergrasi dalam mata kuliah.

Lalu berpartisipasi menjadi tim pengajar mata kuliah tertentu.

Dengan kata lain, praktisi mengajat di kampus.

Serta, melakukan kunjungan industri ke perusahaan.

"Menjalin kerjasama dengan industri dan dunia kerja juga untuk penyaluran produk atau jasa mahasiswa, mengisi pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa, dan menerima mahasiswa untuk magang kewirausahaan," ucap Mien.

Ia menambahkan, kerjasama yang baik antara Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini dengan iduka dapat menjadi angin segar bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sehingga menjadi sumber daya manusia tangguh.

Adapun lima industri atau usaha di bidang kuliner yang telah bekerja sama dengan AKS Ibu Kartini yakni Ashika Cakes, Milza Snack & Cakes, Idea Catering (CV Sekawan Idea), Warung Saerah, dan UKM Elbina.

Baca juga: Wah Senangnya, 2.500 PKL dan Warung di Sragen Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta dari Polri

Baca juga: Rumah Ludes, Harta Mbah Ripah Tinggal Baju Bekas Kebakaran: Iki Tulung Dijupuk, Ijik Iso Dienggo

Baca juga: Raih Medali Emas, Hapkido Jateng Penuhi Target Eksebishi PON XX

Pada bidang busana atau fesyen yaitu Rudi Duri Fashion, LPK Harapan Ibu, Wastra Batik, Prizhellia_Boutique, dan Lintang Kedjor.

Lalu di bidang rias meliputi CV Bayanaka Jaya Bersama (JAYASRI SPA), House of Susan Spa Bandungan, Diky Rinandi Make-Up, Immoderma Skin Clinik, dan Sanggar Rias Umy Shanaya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved