Breaking News:

Berita Magelang

Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Masih Tunggu Izin Pemkab Boyolali

Meski pihaknya mengajukan pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Merbabu via Cunthel untuk wilayah Kabupaten Semarang, jalur yang sudah dinyatakan s

Editor: m nur huda
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Pendakian Gunung Merbabu. 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Jalur pendakian Gunung Merbabu baru dibuka satu jalur yakni via Thekelan di Kabupaten Semarang mulai Selasa (5/10/2021) adalah .

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) Johan Setiawan menjelaskan, hal ini rekomendasi dari surat permohonan pihaknya.

“Yang sudah dapat rekomendasi atas surat permohonan kita adalah Kabupaten Semarang. Ada Thekelan dan Cunthel,” tuturnya kepada Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Meski pihaknya mengajukan pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Merbabu via Cunthel untuk wilayah Kabupaten Semarang, jalur yang sudah dinyatakan siap untuk dilalui adalah via Thekelan.

Sementara untuk jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, salah satu jalur favorit para pendaki, saat ini masih ditutup hingga informasi lebih lanjut.

“Pembukaan jalur Kabupaten Magelang masih menunggu jawaban dari Satgas Kabupaten Magelang, begitu juga dengan jalur di Kabupaten Boyolali,” jelas Johan.

“Proses paling cepat sejauh ini Kabupaten Semarang, kayaknya (jalur pendakian di) Kabupaten Magelang segera menyusul,” imbuhnya.

Seagai informasi, Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yang tersebar pada tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Boyolali.

Kabupaten Semarang merupakan rumah dari jalur pendakian via Thekelan dan Cunthel.

Sementara via Selo di Kabupaten Boyolali, dan via Suwanting juga via Wekas terletak di Kabupaten Magelang.

Jika ingin mendaki Gunung Merbabu via Thekelan, seluruh calon pendaki diwajibkan sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat mendaki tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Pendakian Gunung Merbabu via Selo Dibuka Lagi?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved