Breaking News:

Berita Kudus

Sarguge, Pasar Jajanan Tradisional di Desa Menawan Kudus yang Wajib Dikunjungi

Pemerintah Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus menggelar Pasar Minggu Wage (Sarguge) di Sendang Widodari, Minggu (10/10/2021).

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: moh anhar
Dokumentasi Diskominfo Kudus
Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo saat mengunjungi Pasar Minggu Wage (Sarguge) di Sendang Widodari Desa Menawan, Gebog, Kudus, Minggu (10/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemerintah Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus menggelar Pasar Minggu Wage (Sarguge) di Sendang Widodari, Minggu (10/10/2021).

Pasar tersebut menjajakan aneka kerajinan dan makanan tradisional.

Dengan adanya Sarguge, diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Keunikannya pun akhirnya membuat Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, bertandang ke Sarguge.

"Ide dan gagasan yang menurut saya sangat cerdas dan tepat, dimana ide ini muncul akibat dari kondisi Pandemi Covid-19 berdampak di sektor ekonomi. Kiranya dapat menjadi salah satu penyemangat warga untuk bangkit di tengah keterbatasan," kata Mawar.

Baca juga: Video Kura-kura Umur 20 Tahun Ikut Pemberkatan Flora Fauna Di Gereja Semarang

Baca juga: Data Dinkes Jateng: 390 Orang Gangguan Jiwa Dipasung Keluarga Sendiri

Baca juga: Cegah Stunting pada Anak, Tiga Hal Utama Ini Perlu Dipahami Orangtua

Adanya Sarguge sangat  diapresiasi, apalagi ada kreasi dan inovasi produk kerajinan yang ditampilkan.

Menurut Mawar Hartopo, Desa Menawan masih mempunyai potensi keunggulan lokal yang dapat digali dan dikembangkan, dengan harapan mampu menarik wisatawan bahkan dari luar daerah. 

"Harapannya dikembangkan terus dengan ide dan inovasi yang mampu membangkitkan pariwisata, sehingga tak hanya dikunjungi warga lokal tetapi mampu menarik wisatawan dari luar daerah," katanya. 

Lebih lanjut, dirinya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi desa-desa lain dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

Hal ini karena Kabupaten Kudus memiliki kekayaan budaya yang bernuansa religi, apabila dikemas secara apik mampu menghasilkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

"Semua ini tak lepas dari dukungan semua pihak, baik dari Pemerintah Desa Menawan, Pokdawis, Kader PKK dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, harapannya bisa menjadi pilot project, percontohan desa yang inovatif, serta bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain," pungkasnya.

Baca juga: Sunari Saksikan Kecelakaan Karambol di Mangkang Terjadi saat Macet Karena Pengecoran Jalan

Baca juga: Universitas Muria Kudus Mulai Kuliah Tatap Muka 18 Oktober 2021

Berhubung masih situasi pandemi, setiap aktivitas jual beli di Sarguge, harus menerapkan protokol kesehatan.

Setiap pengunjung wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke area pasar yang rutin digelar tiap Minggu Wage. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved