Breaking News:

Manfaat Jahe

Sudah Dibuktikan Peneliti IPB, Jahe Kunyit dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Berdasarkan data dari Ijah IPB University, jenis Zingiberaceae seperti jahe, temulawak dan kunyit, berkhasiat untuk mengobati lebih dari 30 penyakit

Editor: muslimah
Kompas.com
Manfaat Jahe Gajah Hilangkan Selulit dan Memperkuat Rambut, Begini Cara Penggunaanya 

TRIBUNJATENG.COM - Hasil penelitian IPB, jahe dan tanaman rempah-rempah lainnya memang memiliki khasiat yang luar biasa.

Kaya akan keanekaragaman hayati, Indonesia memiliki cukup bayak tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Tanaman obat sebagai bahan baku jamu dan suplemen herbal misalnya, memiliki berbagai khasiat yang salah satunya sebagai agen antiinflamasi atau antiperadangan.

Hanya saja, Dosen IPB University dari Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Wisnu Ananta Kusuma mengatakan belum banyak riset yang mutakhir untuk menjelajahi lebih lanjut tanaman antiinflamasi tersebut.

Baca juga: Manfaat Jahe Cengkeh Tingkatkan Imun Hingga Cegah Kanker

Baca juga: Efek Samping Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Jahe, Perhatikan Takarannya

Untuk itu, Wisnu membuat Aplikasi Ijah IPB University (Indonesia Jamu Herbs) untuk memberikan banyak informasi terkait tanaman antiinflamasi yang ada di Indonesia.

Pasalnya, hanya sedikit jenis tanaman antiinflamasi yang terdata.

Dalam aplikasi Ijah IPB University, ada 139 tanaman yang potensial sebagai obat herbal antiinflamasi, seperti kelompok tanaman Zingiberaceae serta tanaman tahunan khas seperti kemuning.

Berdasarkan data dari Ijah IPB University, jenis Zingiberaceae seperti jahe, temulawak dan kunyit, berkhasiat untuk mengobati lebih dari 30 penyakit.

Dirangkum dari Biofarmaka IPB, pada bagian rimpangnya, dijelaskan kunyit mampu mengobati diabetes mellitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat datang bulan, dan memperlancar ASI.

Manfaat kunyit juga mampu mengobati penyakit cangkrang, amandel, dan morbili (penyakit anak menular yang lazimnya ditandai dengan gejala ringan dan ruam serupa campak).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved