Breaking News:

UMKM

Pemkab Kendal dan ICSB Bikin UMKM Trunk Batik Show

Indonesia Council for Small Business (ICSB) kerjasama Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal bikin UMKM Trunk Batik Show.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Sejumlah pragawati mengenakan batik pilihan khas Kendal untuk dipertontonkan kepada masyarakat, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Indonesia Council for Small Business (ICSB) Kendal bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal menggelar UMKM Trunk Batik Show dalam suasana pandemi Covid-19.

Kegiatan dengan mempertontonkan 6 karya batik UMKM terbaik ini diharapkan dapat menjadi modal awal untuk mengangkat nilai produk batik dari para UMKM Kendal.

Keenam perajin batik terpilih adalah Asmiati dengan Batik Asmiah, Sumiati dengan Batik Ratih, Sukirman dengan karya Batik Kirana, Jumrotun dengan Batik Wardani, Sri Hidayah dengan Batik SH Kalibodri, dan Batik Tejokusumo karya Sutejowati.

Karya batik dari para perajin Kendal ini ditampilkan di Tirtoarum Baru Kendal pada Sabtu malam, (23/10/2021) di hadapan ratusan orang.

Mereka terpilih dari 24 perajin batik di Kabupaten Kendal yang diseleksi oleh Tim Kurasi berdasarkan hasil kualitas karya batiknya.

Pengurus ICSB Kendal Bidang Pengembangan SDM, Rahayu Sulistyowati mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kendal ini bertujuan untuk mengangkat SDM batik di Kendal.

Pihaknya ingin, ditampilkannya batik khas daerah ini bisa mengangkat karya-karya batik Kendal hingga ke mancanegara.

"Selain menampilkan kerajinan batiknya, kami juga ingin mengangkat para perajinnya supaya bisa tampil juga,” terangnya, di Kendal.

Rahayu melanjutkan, sistim penilaian dilakukan secara menyeluruh, mulai dari bahan dasar, proses pembuatan, serta teknis dan kuality kontrol.

Sehingga, karya dengan original dan kualitas terbaik yang dipilih untuk diperkenalkan.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved