Breaking News:

Berita Kudus

RSUD Kudus Alokasikan Rp 20 Miliar Demi Alat Deteksi Kelainan Syaraf‎

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kabupaten Kudus bakal segera memiliki alat transcortical magnetic stimulation (TMS).

Penulis: raka f pujangga | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Raka F Pujangga
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kudus, dr Noor Hadi menunjukkan cath lab yang merupakan alat kesehatan untuk pemasangan ring jantung, Rabu (27/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kabupaten Kudus bakal segera memiliki alat transcortical magnetic stimulation (TMS).

Alat kesehatan yang dianggarkan dari alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2021 itu dinilai mampu membantu warga masyarakat yang mengalami kelainan neurologis.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kudus, dr Noor Hadi menjelaskan, alat kesehatan itu berguna untuk mendeteksi kelainan neurologis pasien, misalnya gejala stroke.

Selain untuk mendeteksi kelainan syaraf, alat kesehatan tersebut juga bisa dipakai sebagai terapi.

Selama ini banyak pasien yang mengalami gejala stroke, tidak bisa mendapat‎kan pelayanan di RSUD Kudus karena keterbatasan fasilitas.

Sehingga, setiap ada pasien yang mengalami gejala tersebut dan memerlukan bantuan terpaksa dirujuk ke RSUP Dr Kariadi Semarang.

"Selama ini kalau ada pasien yang punya masalah syaraf ‎kami rujuknya ke Semarang. Karena di Jawa Tengah hanya ada satu di sana," ucap dia.

‎Dengan rencana pengadaan alat kesehatan yang pagu anggarannya mencapai Rp 20 miliar tersebut.

Pihaknya mengharapkan, warga masyarakat khususnya di wilayah eks karesidenan Pati tidak perlu menempuh perjalanan jauh sampai ke Kota Semarang.

‎"Selama ini kasus neurologis itu banyak dan tidak ada solusinya, makanya dengan adanya alat itu di sini akan sangat membantu masyarakat," ucap dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved