Breaking News:

Berita Kesehatan

Nyamplung, Tumbuhan Berkhasiat Antibakteri hingga Antikanker

Pemanfaatan flora sebagai obat telah turun temurun dilakukan. Alasan awalnya cukup sederhana, yaitu kemudahan untuk mendapatkannya.

Editor: galih permadi
Budi Santoso/BKSDA Jateng
Nyamplung, Tumbuhan Berkhasiat Antibakteri hingga Antikanker 

TRIBUNJATENG.COM - Pemanfaatan flora sebagai obat telah turun temurun dilakukan.

Alasan awalnya cukup sederhana, yaitu kemudahan untuk mendapatkannya.

Namun seiring berjalannya perkembangan gaya hidup kemudian penggunaan herbal sebagai media terapi selain karena khasiat didalamnya juga karena alasan efek samping yang minimal.

Chalophyllum inophyllum L. atau yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama camplung, nyamplung, bintanguru, benaga, bintangur laut, atau naga merupakan keluarga Clusiaceae yang mempunyai manfaat untuk pengobatan.

Nama Chalohyllum berasal dari bahasa Yunani yaitu “kalos” yang artinya indah dan “phullon” yang berarti daun sehingga arti dari Chalohyllum yaitu daun yang cantik.

Manfaat
Nyamplung memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan antara lain sebagai pestisida, antifungi, antibakteri, antiinflamasi, antikanker, antivirus, hingga anti HIV.

Nyamplung yang diekstraksi dengan ethanol menunjukkan kemampuan menekan pertumbuhan fungi dari jenis Tricophyton simi dan Tricophyton mentagrophytes penyebab dermatofitosis pada manusia dan hewan.

Ekstrak kloroform juga mampu melawan fungi yang bersifat patogen bagi manusia.

Ekstrak metanol dari kulit batang nyamplung memiliki kemampuan antibakteri yang signifikan dalam melawan Pseudomonas aeurginosa, Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis. Senyawa kumarin dalam nyamplung juga berpotensi dalam menghambat pertumbuhan fungi mikroskopis.

Hasil uji in vitro menunjukkan ekstrak kasar Nyamplung mampu dengan konsentrasi 50 μg/ml mampu menghambat aktifitas siklooksigenase sebesar 77% dan aktifitas lipooksigenase 88%.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved